Kamis, 03 Desember 2020

Tips Merawat Printer Agar Tetap Awet

Kamis, 27 Agustus 2020

 

 

Kesal rasanya ketika sedang butuh mencetak dokumen kerja atau tugas dari sekolah/kampus, namun mesin printer tidak dapat berfungsi. Banyak faktor sebetulnya yang menyebabkan printer tidak berfungsi dengan normal, hasil cetakan bergaris, warna tidak muncul, bahkan printer tidak mau mencetak sama sekali.

Sebetulnya jika digunakan dan dirawat dengan baik, printer dapat digunakan dengan normal dengan hasil yang tetap tajam berkualitas. Berikut tips merawat printer agar tetap awet.

 

1. Gunakan printer Secara Rutin

Jangan sampai printer tidak digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama. Hal tersebut dapat membuat tinta kering dan tidak keluar saat digunakan. Selain itu, pelumas yang melapisi suku cadang yang berada di dalam bodi printer juga akan ikut mengering, sehingga dapat menghambat saat proses mencetak. Jika tidak ada yang perlu dicetak bisa gunakan fitur Nozzle Check pada printer Canon Anda secara rutin tiap pekan.

 

 

2. Gunakan Tinta Asli

Penggunaan tinta dari pihak ketiga atau tinta palsu selain dapat menyebabkan kerusakan pada mesin printer, juga mempengaruhi kualias hasil cetak, seperti tidak tajam dan warna pudar. Perlu diketahui, setiap merek dan jenis tinta yang dijual juga memiliki tingkat kekentalan yang berbeda - beda. Itulah mengapa penting untuk memastikan Anda menggunakan tinta yang tepat dan asli. Perhatikan logo hologram pada kemasan untuk memastikan tinta asli. Dapatkan tinta asli printer Canon di Datascripmall.id.

 

 

3. Perhatikan Kebersihan Kertas

Saat akan mencetak sebaiknya lakukan pengecekan pada kertas yang akan digunakan, karena jika memakai kertas yang berdebu atau kotor, dapat membuat roll penarik menjadi kotor sehingga lama kelamaan membuat printer akan lebih cepat rusak.

 

 

4. Letakkan printer di Tempat yang Aman

Jangan letakkan perangkat printer di tempat yang lembab, berdebu, langsung terkena sinar matahari, atau dekat dengan sumber panas atau api. Hal ini untuk menjaga komponen mesin printer agar tetap awet. 

Beberapa karyawan perusahaan dan instansi mulai melakukan aktivitasnya kembali bekerja di kantor dengan menerapkan protokol kesehatan. Penerapan 3M (menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun) menjadi hal yang m...
Virus Covid-19 masih menjangkit di seluruh belahan dunia, termasuk di Indonesia. Wabah ini belum tahu kapan akan berakhir. Dalam salah satu sesi webinar Datascrip e-Expo yang diadakan baru-baru ini, dr. Teuku Adifitrian, Sp.BP-RE atau yan...
Tampak pada gambar (kiri-kanan): Romo Royke Djakarya – Pembina Yayasan Bina Teknik Strada berfoto bersama Joe Kamdani – Mentor pt. Datascrip dan Lucy Kamdani us...