Kamis, 03 Desember 2020

Tips Mengabadikan Aksi Olahraga Oleh Simon Bruty (Sport Photographer)

Kamis, 20 April 2017

Kegiatan olahraga tidak lepas dari kesan kuat dan cepat. Mengabadikan momen olahraga (sport photography) sangat menantang serta membutuhkan strategi khusus sehingga bisa menampilkan foto dramatis dan indah. Simon Bruty, fotografer olahraga asal Inggris yang sekarang menetap di Amerika Serikat, berbagi tips bagaimana mendapatkan foto aksi olahraga yang memukau.

Ada tiga hal utama yang perlu diperhatikan dalam fotografi olahraga, yaitu: persiapan, perlengkapan, dan teknik. Berikut penjelasannya:

1.       Persiapan

Datang lebih awal dan survei terlebih dahulu lokasi pertandingan akan berlangsung. Perhatikan arah datangnya cahaya. Pelajari arah atau pola gerak objek. Carilah tempat-tempat untuk pengambilan gambar dari beberapa perspektif sehingga foto menjadi unik. Persiapan ini sangat berguna untuk menentukan komposisi foto yang akan diambil.

Datascrip.com/mro/uploads/filemanager/AL6I0541.jpg" />

2.       Perlengkapan

Aksi-aksi cepat dalam olahrga menjadi tantangan tersendiri, bahkan bisa menjadi objek yang menarik. Untuk itu dibutuhkan kamera super cepat untuk mengambil gambar. Canon EOS 1 D X Mark II merupakan favorit dengan kecepatan continous shooting hingga 16 fps. Simon minimal membawa dua bodi kamera, serta lensa tele  400 mm atau lensa zoom 70-200 mm. Pada kondisi tertentu, Ia dibantu oleh asisten.

3.       Teknik

Teknik dasar fotografi menjadi mutlak dimiliki seorang fotografer olahraga. Berapa kecepatan rana untuk objek yang bergerak cepat. Teknik untuk mengambil gambar bokeh sehingga lebih dramatis, atau teknik panning untuk menunjukan objek sedang melaju dengan kencang. Teknik pengaturan komposisi dan momen juga menentukan hasil akhir foto olahraga yang menarik.

*Simon Bruty fotografer olahraga yang pernah meraih beberapa penghargaan bergengsi antara lain: L'Equipe Sports Photographer of the Year (2003), World Press Photo (1989 & 1999), dan IOC Best of Sport Folio Winner (1994).

Beberapa karyawan perusahaan dan instansi mulai melakukan aktivitasnya kembali bekerja di kantor dengan menerapkan protokol kesehatan. Penerapan 3M (menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun) menjadi hal yang m...
Tampak pada gambar (kiri-kanan): Romo Royke Djakarya – Pembina Yayasan Bina Teknik Strada berfoto bersama Joe Kamdani – Mentor pt. Datascrip dan Lucy Kamdani us...
Untuk tetap mendekatkan para pelanggan dan memberikan informasi seputar solusi bisnis dan produk-produk terbaru, PT Datascrip akan mengadakan Datascrip e-Expo 2020 yang berlangsung 7-12 September 2020. Pameran yang berlangsung secara o...