Minggu, 02 Oktober 2022

Teknik Belajar Mengajar yang Inovatif dan Interaktif

Rabu, 08 Juni 2022

Sejak pandemi, metode belajar online sudah tidak asing lagi bagi para siswa. Namun, kendala yang terjadi yaitu siswa mulai bosan dan tidak fokus dengan metode ini. Untuk itu, tenaga pengajar harus pintar dan memiliki strategi bagaimana menyampaikan materi yang efektif.

Berikut tips bagaimana inovasi pembelajaran yang tidak hanya bisa digunakan untuk sistem belajar online, namun bisa diterapkan pada pertemuan tatap muka di sekolah. 

1. Komunikasi Dua Arah

Seorang guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan memberikan ruang diskusi dengan para siswa/siswi. Para murid tidak hanya mendengarkan dan mencatat materi yang diberikan, tetapi juga mampu mengungkapkan ide dan pemikirannya serta berdiskusi dengan pengajar.

 

2. Membuat Materi Pembelajaran yang Interaktif

Dengan membuat materi pembelajaran yang interaktif. Siswa tidak hanya menyimak, namun diajak untuk berinteraksi langsung dengan materi pembelajaran. Materi pelajaran dalam bentuk PowerPoint menampilkan desain visual yang menarik.

 

3. Memanfaatkan Kemajuan Teknologi

Teknologi, baik software maupun hardware membuat segalanya jadi lebih mudah, termasuk teknik belajar mengajar. Berikut software dan hardware yang dapat digunakan untuk proses belajar mengajar:

  • ClassPoint, merupakan aplikasi yang dapat terhubung dengan PowerPoint untuk menerapkan teknik belajar yang lebih interaktif. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dengan berbagai fitur menarik dan interaktif, seperti untuk membuat kuis dengan berbagai tipe pertanyaan, mulai dari Pilihan Ganda, Lawan Kata hingga Soal Menggambar. Dengan aplikasi ini, siswa dapat merespon atau menjawab secara langsung, dan hasilnya dapat dilihat secara real time sehingga menghemat waktu.

 

  • Wacom, adalah pen tablet yang dapat digunakan pengajar dan siswa untuk memudahkan proses belajar mengajar sehingga lebih efektif dan efisien. Dengan perangkat ini, pengajar bisa lebih mudah dan cepat untuk membuat catatan atau gambar pada materi presentasi secara real time, tanpa harus menuju ke papan tulis seperti yang dilakukan dengan metode belajar konvensional.

 

 

Sejak perangkat komputer jinjing atau laptop diluncurkan, pekerjaan jadi lebih mudah untuk dilakukan di mana pun, tanpa harus bekerja di kantor. Saat ini, perkembangan teknologi informasi dengan adanya jaringan internet semakin memudahkan untuk be...
  Walau masih di masa pandemi, rupanya semangat para calon ilustrator Indonesia untuk terus memperdalam serta mengasah ilmunya di dunia menggambar ilustrasi sangat besar. Hal terlihat dari antusiasme para peserta yang ikut di pel...
Virus Covid-19 masih menjangkit di seluruh belahan dunia, termasuk di Indonesia. Wabah ini belum tahu kapan akan berakhir. Dalam salah satu sesi webinar Datascrip e-Expo yang diadakan baru-baru ini, dr. Teuku Adifitrian, Sp.BP-RE atau yan...