Jum'at, 27 Mei 2022

Peluang Bisnis dari Hobi Memotret Makanan

Rabu, 23 Februari 2022

Bagi para pencinta kuliner, selain gemar mencicipi berbagai makanan dan minuman dari berbagai daerah tentu gemar mendokumentasikannya untuk diunggah ke sosial media. Namun, jangan salah hobi tersebut mampu menjadi kegiatan yang menghasilkan jika ditekuni lebih dalam.

Untuk itu, mari simak beberapa tips dan trik teknik food photography dari Atmaya Purnomo & Nie Sukma – EOS Creator Indonesia & Profesional Food Photographer:

 

Mempersiapkan Konsep Foto

Dalam mempersiapkan konsep foto yang diinginkan, seorang food photographer harus mampu menentukan tema, ide, hingga properti apa yang cocok dengan makanan yang akan di-foto agar mampu menghasilkan foto yang menggoda.

 

 

Lightning & Peralatan yang Memadai

Bagi seorang food fotografer, pencahayaan adalah salah satu hal terpenting karena nantinya akan mempermudah fotografer saat proses editing, seperti arah cahaya dan intensitas cahaya yang digunakan. Selain lightning, menggunakan peralatan yang memadai, seperti kamera yang sesuai juga turut andil dalam menghasilkan foto makanan yang maksimal.

 

Komposisi & Styling

Komposisi juga menjadi salah satu hal terpenting ketika memotret karena menjadi bagian dari “Rule Of Third” dalam fotografi. Jika menggunakan komposisi yang presisi dan pas, hasil foto yang dihasilkan-pun juga akan enak dilihat dan menarik. Selain itu, styling pada objek makanan yang sesuai juga turut berperan dalam menghasilkan karya foto.

 

Editing

Pada tahap ini, kreativitas seorang fotografer diuji mulai dari cropping, hingga penyesuaian warna yang pas mampu menghasilkan kualitas foto yang menawan dan mampu membuat orang tertarik ingin mencoba makanan yang kita foto.

 

Terakhir, yang tidak kalah penting yaitu ”Enjoy The Process”. Pengalaman seorang fotografer juga turut andil akan hasil karya foto yang dihasilkan. Semakin memiliki pengalaman dan jam terbang yang tinggi kemampuan fotografer juga akan semakin meningkat.

Berbagai perangkat elektronik di rumah seperti lampu, televisi, pendingin ruangan, hingga kamera CCTV semakin mudah pengaturannya dari mana pun dan kapan pun. TP-...
Sejak perangkat komputer jinjing atau laptop diluncurkan, pekerjaan jadi lebih mudah untuk dilakukan di mana pun, tanpa harus bekerja di kantor. Saat ini, perkembangan teknologi informasi dengan adanya jaringan internet semakin memudahkan untuk be...
Tren bekerja dari rumah (WFH) kini menjadi sesuatu yang lumrah seiring dengan pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir. Teknologi membuat pekerjaan lebih mudah untuk dikerjakan di mana pun, tanpa harus datang ke kantor. Namun, kadang terjadi kend...