Kamis, 03 Desember 2020

Menciptakan Lingkungan Kerja yang Aman

Selasa, 08 Agustus 2017

Faktor sistem keamanan kini menjadi bagian tak terpisahkan dalam aktivitas bisnis karena di tengah kemajuan teknologi, banyak kegiatan bisnis yang rentan terhadap hal-hal yang sifatnya merugikan perusahaan maupun karyawan. Misalnya, pencurian dokumen, alat kerja bahkan sampai hak cipta. Selain menempatkan personil keamanan serta membiasakan perilaku disiplin, apa saja yang bisa kita lakukan untuk membuat lingkungan kerja kita seaman mungkin?

1. Sistem Keamanan Terintegrasi

Pasang sistem kemananan terintegrasi yang sesuai dengan kebutuhan kantor Anda. Sistem tersebut bisa mencakup mulai dari mesin absensi yang bisa mendeteksi sidik jari palsu, boom gate maupun long range reader yang bisa mengawasi dan membatasi kendaraan yang masuk ke area kantor, CCTV untuk memonitor aktivitas di area kerja/parkir, mesin X-ray untuk membantu pemeriksaan barang bawaan yang keluar/masuk gedung, sampai fire alarm system.

2. Pengawasan Akses

Terapkan sistem access control yang teratur untuk bisa mengecek siapa saja yang pergi dan kapan hal itu terjadi. Sistem ini juga bisa digunakan untuk membatasi personil yang diijinkan masuk ke suatu area.

3. Pelatihan Karyawan

Ciptakan dan terapkan program pelatihan yang mendalam mengenai keamanan lingkungan kerja untuk karyawan. Pelatihan tersebut antara lain meliputi cara menyimpan dokumen dengan benar, melindungi password dan keamanan bangunan.

Mesin absensi Secure SM-504 dapat mendeteksi sidik jari palsu

4. Memilih peralatan kerja yang mendukung secure workstations.

Matikan komputer/ laptop Anda saat tidak digunakan. Kunci semua dokumen kerja dalam filing cabbinet serta gunakan kotak yang bisa dikunci untuk dokumen-dokumen yang akan dimusnahkan dengan paper shredder. Anda juga bisa memilih peralatan kerja yang memiliki fitur Secure Print, seperti yang terdapat pada printer laser Canon imageCLASS LBP253x. Fitur tersebut dapat merilis perintah cetak cetak berdasarkan memori otentifikasi yang sukses pada printer, memastikan kerahasiaan pada dokumen yang sensitif.

Beberapa karyawan perusahaan dan instansi mulai melakukan aktivitasnya kembali bekerja di kantor dengan menerapkan protokol kesehatan. Penerapan 3M (menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun) menjadi hal yang m...
Virus Covid-19 masih menjangkit di seluruh belahan dunia, termasuk di Indonesia. Wabah ini belum tahu kapan akan berakhir. Dalam salah satu sesi webinar Datascrip e-Expo yang diadakan baru-baru ini, dr. Teuku Adifitrian, Sp.BP-RE atau yan...
Kebebasan berkreasi menggambar kini lebih leluasa dengan hadirnya Tombow ABT Pro. Brush pen dengan tinta berbahan dasar alkohol i...