Jum'at, 04 Desember 2020

Memotret Mainan #DiRumahAJa

Senin, 04 Mei 2020

Di tengah wabah virus Covid-19 yang sedang kita hadapi saat ini, kita dihimbau untuk tetap berada di rumah dan belajar maupun bekerja dari rumah saja untuk menghindari kontak dengan orang lain dan mencegah proses penularan dari virus jenis baru ini.

Sebagai pecinta foto, jangan biarkan kreativitas kita terhenti hanya karena tidak bisa berburu foto di luar rumah. Kita bisa tetap berkreasi dan memanfaatkan kamera digital untuk menghasilkan karya-karya indah sekalipun hanya di rumah saja.

Salah satu bidikan yang paling gampang dikreasikan adalah subjek mainan kecil yang kita miliki di rumah.

Tata mainan sedemikian rupa dengan latar belakang/background foto yang polos agar tidak mengganggu subjek foto. Kita bisa menggunakan kain hitam atau kain berwarna polos untuk dijadikan latar belakang/background foto mainan kita.

Jika lensa kamera kita memiliki bukaan lensa/aperture yang cukup lebar untuk menjadikan latar belakang/background foto cukup kabur, maka kita bisa mengambil tempat pemotretan dengan lebih bebas tanpa harus mencari latar belakang/background foto yang benar-benar polos.

Gunakan berbagai pengaturan bukaan lensa/aperture yang berbeda-beda untuk mendapatkan bidikan yang paling pas. Gunakan tripod jika kita memotret dengan pencahayaan yang sangat minim untuk menghindari gambar kabur akibat guncangan kamera/shake.

Ambil foto dari berbagai sudut/angle kamera untuk mendapatkan hasil foto dengan kesan berbeda-beda seperti yang terlihat pada ketiga contoh foto yang diambil dengan kamera saku Canon PowerShot G7 X.

Jangan lupa untuk membagikan karya foto yang kita hasilkan di akun media sosial seperti Instagram dan Facebook sambil mengajak teman-teman kita untuk menciptakan kreasi foto mainan mereka di rumah masing-masing.

Selamat memotret!

Oleh : Sintra Wong

Marketing Assistant Director Canon Division pt. Datascrip

Beberapa karyawan perusahaan dan instansi mulai melakukan aktivitasnya kembali bekerja di kantor dengan menerapkan protokol kesehatan. Penerapan 3M (menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun) menjadi hal yang m...
Tampak pada gambar (kiri-kanan): Romo Royke Djakarya – Pembina Yayasan Bina Teknik Strada berfoto bersama Joe Kamdani – Mentor pt. Datascrip dan Lucy Kamdani us...
Menurut penelitian World Health Organization (WHO), 80% penyebaran virus Covid-19 menyebar melalui sentuhan fisik. Oleh karena itu, WHO menyarankan kepada setiap orang untuk selalu rajin cuci tangan menggunakan sabun, hand sanitizer ...