Jum'at, 04 Desember 2020

4 Hal Penting dalam Fotografi Pernikahan

Kamis, 24 Oktober 2019

Fotografi pernikahan (wedding photography) merupakan profesi yang menarik. Hampir semua orang pasti akan menikah, dan pernikahan merupakan salah satu momen paling bersejarah dalam hidup sehingga wajib untuk diabadikan. Tidak hanya saat seremoni pernikahan, foto pre wedding juga menjadi bagian tak terpisah untuk bisa menampilkan foto indah dan berkesan dari pasangan mempelai.

Kali ini, saya akan berbagi tentang 4 hal penting yang perlu diperhatikan dalam fotografi pernikahan.

 

1. Kenali Klien

Fotografer wajib tahu tentang semua hal dari klien, dalam hal ini pasangan pengantin. Karakter masing-masing, kegemarannya, hal-hal yang tidak disukai. Bisa jadi konsep yang dianggap bagus oleh fotografer ternyata tidak disukai oleh klien. Untuk itu gali lebih dalam, kenali lebih dekat. Pendekatan sebagai teman akan efektif membuat klien nyaman berdiskusi tentang apa yang mereka inginkan.

 

2. Tim yang Solid

Fotografer harus didukung oleh tim yang solid agar dapat menghasilkan foto pernikahan atau pre wedding yang memukau. Mulai dari penata rias, penata gaya, hingga penata cahaya, harus memiliki keahlian di bidangnya masing-masing dan dapat bekerjasama dalam tim. Kolaborasi tim yang solid membuat proses pengambilan gambar lebih mudah sehingga foto yang dihasilkan pun baik.

 

3. Peralatan Fotografi yang Mendukung

Peralatan fotografi sangat penting karena alat ini yang akan memudahkan pekerjaan di lapangan. Bagi saya Canon EOS R merupakan kamera mirrorless full-frame dari Canon yang memiliki kualitas luar biasa. Selain desainnya lebih ringkas dari kamera DSLR, kamera ini tetap mampu memunculkan ketajaman gambar dan warna skin tone yang bagus khas kamera Canon.

 

4. Bekerjasama dengan Pihak Lain

Fotografer merupakan salah satu bagian dari suatu acara pernikahan. Untuk bisa mendapatkan foto bagus dan memuaskan, kita tidak hanya berhubungan dengan pengantin, tetapi bisa bekerjasama dengan pihak lain yang ada di acara, seperti pihak wedding organizer, tim dekorasi, tim pencahayaan, hingga panitia dari pihak keluarga pengantin. Proses pengambilan gambar akan berjalan lancar jika pihak lain yang terlibat dalam acara bisa bekerjasama dengan kita.

Ivan Mario - Wedding Photographer dari AXIOO

Beberapa karyawan perusahaan dan instansi mulai melakukan aktivitasnya kembali bekerja di kantor dengan menerapkan protokol kesehatan. Penerapan 3M (menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun) menjadi hal yang m...
Virus Covid-19 masih menjangkit di seluruh belahan dunia, termasuk di Indonesia. Wabah ini belum tahu kapan akan berakhir. Dalam salah satu sesi webinar Datascrip e-Expo yang diadakan baru-baru ini, dr. Teuku Adifitrian, Sp.BP-RE atau yan...
Tampak pada gambar (kiri-kanan): Romo Royke Djakarya – Pembina Yayasan Bina Teknik Strada berfoto bersama Joe Kamdani – Mentor pt. Datascrip dan Lucy Kamdani us...