Kamis, 03 Desember 2020

Meriah, Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 Diikuti Ribuan Peserta

Kamis, 24 Oktober 2019

Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 digelar di Jakarta (26 Oktober 2019) dan Yogyakarta (3 November 2019). Ribuan peserta yang memadati Pluit Village Mall – Jakarta maupun Sleman City Hall – Yogyakarta mengenakan atribut baju kaus merah-hitam dan topi merah antusias mengikuti kompetisi pesta fotografi paling akbar di Indonesia dan Asia tersebut.

“Tahun ini merupakan kali ke-11 Canon PhotoMarathon Indonesia digelar. Tidak hanya berburu hadiah, peserta bisa berkenalan dan bersilaturahmi dengan rekan-rekan pecinta foto dari berbagai daerah, serta berkesempatan menimba ilmu dari sharing pengalaman fotografer profesional di sesi ProTalk,” ujar Merry Harun – Canon Division Director PT Datascrip.

Irwan Kamdani – President Director pt. Datascrip (ke-7 dari kanan), Merry Harun – Canon Division Director pt. Datascrip (ke-6 dari kanan), Too Kok Yong – Assistant Director, Canon Singapore Pte. Ltd. (ke-5 dari kanan), Budi Supriyanto – Kepala Bidang Analisis Data dan Strategi yang mewakili Deputi Pengembangan Bidang Pemasaran I Kemenpar RI (ke-8 dari kiri), beserta Dewan Juri dan para pembicara sesi ProTalk membuka acara Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 –Jakarta yang digelar di Pluit Village Mall, Jakarta, (26/10).

Di Jakarta, Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 resmi dibuka oleh Irwan Kamdani - President Director PT Datascrip bersama Merry Harun – Canon Division Director PT Datascrip didampingi Too Kok Yong – Assistant Director Canon Singapore Pte. Ltd., Budi Supriyanto – Kepala Bidang Analisis Data dan Strategi yang mewakili Deputi Pengembangan Bidang Pemasaran I Kemenpar RI, bersama para juri dan fotografer pembicara seminar.

Sementara Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 - Yogyakarta resmi dibuka oleh Merry Harun didampingi Eiichi Udagawa - Vice President Regional CII Product Group Canon Singapore Pte. Ltd, Hiromu Akiyama - Marketing Manager Regional CSP Sales & Marketing Division Canon Singapore Pte. Ltd beserta para juri dan fotografer pembicara seminar.

Lomba yang terbagi dalam dua kategori ini, yaitu Kategori Umum dan Kategori Pelajar, berlangsung dalam tiga sesi dengan tiga tema lomba berbeda. Di Jakarta, tema yang dilombakan adalah “Jakarta Kini”, “Titik Temu” serta “Manusia dan Alam”. Adapun di Yogyakarta, ketiga temanya adalah Segar, Garis Unik, dan Kekayaan Indonesia. Di masing-masing tema, para peserta diberi batasan waktu untuk berburu foto dan mengunggah hasil foto terbaik mereka untuk dilombakan.

Foto-foto para peserta dinilai langsung oleh para juri profesional yang memiliki beragam latar keahlian bidang fotografi berbeda. Di Jakarta, dewan juri terdiri dari Don Hasman, Denny Herliyanso, Mast Irham, Sutomo, Risman Marah, Willy Lesmana, Sandriani Permani, Lateevhaq, dan Sambodo. Sementara itu, di Yogyakarta, karya para peserta dinilai oleh Roni Bachroni, Ir. Nursanto, Mas Agung Wilis Yudha Baskoro, WS. Pramono, Michael Sidharta dan Agus Nonot Supriyanto.

Sambil menunggu juri menilai dan menentukan foto-foto terbaik, para peserta juga dihibur dengan berbagai permainan dan kuis berhadiah menarik sepanjang acara. Tidak hanya itu, peserta juga disuguhi wawasan dan pengalaman fotografi dari para fotografer terkenal di sesi ProTalk bersama Ashari Yudha, Yuyung Abdi dan Misbachul Munir. Khusus di Jakarta, bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, puluhan Abang None Jakarta juga hadir untuk diperkenalkan kepada para peserta acara sekaligus menjadi subjek foto yang menarik dengan busana khas mereka yang mencerminkan salah satu bagian budaya Indonesia.

Para peserta di Yogyakarta, berkesempatan mengikuti sesi ProTalk dengan para pembicara, yaitu Azcha Tobing, Adhitya Wibhawa dan Ardianto.

Terpilih sebagai Juara Umum Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 di Jakarta adalah AP Hari Wibowo dan di Yogyakarta Dhiki Aditya terpilih sebagai Juara Umum. Keduanya berhak membawa pulang masing-masing kamera mirrorless Canon EOS M5 dan lensa EF-M 18-150mm, serta mengikuti trip ke Jepang, dan akan mewakili Indonesia untuk berkompetisi dengan juara utama dari negara-negara penyelenggara Canon PhotoMarathon Asia 2019 lainnya.

Beberapa karyawan perusahaan dan instansi mulai melakukan aktivitasnya kembali bekerja di kantor dengan menerapkan protokol kesehatan. Penerapan 3M (menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun) menjadi hal yang m...
Tampak pada gambar (kiri-kanan): Romo Royke Djakarya – Pembina Yayasan Bina Teknik Strada berfoto bersama Joe Kamdani – Mentor pt. Datascrip dan Lucy Kamdani us...
Menurut penelitian World Health Organization (WHO), 80% penyebaran virus Covid-19 menyebar melalui sentuhan fisik. Oleh karena itu, WHO menyarankan kepada setiap orang untuk selalu rajin cuci tangan menggunakan sabun, hand sanitizer ...