Jum'at, 21 Februari 2020

Menyiasati Bisnis di Tahun Tikus Logam

Selasa, 28 Januari 2020

Ekonomi global bisa sedikit bernafas lega setelah Amerika Serikat dan Tiongkok menandatangani perjanjian perdagangan fase satu. Ketidakpastian ekonomi memang terus menghantui para pelaku bisnis sejak perang dagang Amerika dan Tiongkok yang dimulai tahun 2018  lalu. Ketidakpastian ekonomi global ini masih belum berakhir, sama seperti karakter tahun kalendar Tiongkok tahun 2571 ini, yaitu Tikus Logam. Tikus memiliki karakter yang tidak bisa diprediksi, muncul kapan dan dari mana saja. Apa pun bisa terjadi.

Jangan terlalu pesimis dan jangan terlalu optimis karena beberapa karakter tikus logam bisa menjadi strategi menjalani bisnis. Berikut karakter tikus logam untuk menyiasati bisnis anda:

1. Cepat dan gesit

Karakter shio tikus ini tidak suka bekerja dengan santai dan terkesan lambat. Dalam menjalani bisnis pelanggan ingin dilayani dengan cepat. Jika tidak, mereka akan memilih perusahaan lain. Sebagai contoh perusahaan keuangan seperti asuransi atau bank yang membutuhkan pemindaian dokumen data nasabah dalam jumlah banyak dan cepat. Untuk itu dibutuhkan perangkat pemindai yang memiliki kecepatan tinggi seperti Canon DR-C240.

pemindai dokumen ini memiliki kecepatan tinggi hingga 90 ipm (image per minute). Tidak hanya kertas tipis, Canon DR-C240 ini juga bisa digunakan untuk memindai dokumen dengan variasi ukuran, mulai dari ukuran kartu nama, paspor hingga dokumen ukuran A4.

 

2. Kreatif

Untuk mendapatkan sesuatu, tikus punya cara-cara kreatif. Anda juga harus bisa menjalankan bisnis dengan kreatif. Pemerintah sedang giat mendukung industri kreatif di Indonesia. Bisnis di sektor industri kreatif memang sangat menjanjikan, seperti fesyen, desain, kuliner hingga industri kreatif digital.

Saat ini, industri kreatif digital perlu didukung dengan teknologi yang mutakhir dan mumpuni agar menghasilkan karya yang berkualitas. Salah satunya adalah content creator. Tren yang berkembang saat ini konten dalam bentuk visual berupa gambar, baik berupa lukisan, foto hingga video sangat digemari masyarakat, terutama di media sosial.

Seni menggambar doodle sedang tren di kalangan anak muda. Seni doodle selain sebagai hobi juga bisa menjadi sesuatu yang menghasilkan dan bernilai ekonomis. Karya-karya doodle yang bagus dan menarik bisa dikomersialkan. Asrika Vitawati merupakan salah satu doodle artist yang telah menerapkan karya seni doodle-nya ke produk-produk seperti kaos, sarung bantal, tumbler sampai softcase smartphone sehingga mempunyai nilai jual lebih. Asrika menggunakan Tombow Dual Brush untuk menghasilkan karya-karya menariknya.

Karya Art Doodle dari Asrika Vitawati

 

Selain itu, ada juga teknik menggambar dengan perangkat digital, yaitu Wacom. Beberapa seniman profesional asal Indonesia menggunakan perangkat ini untuk menghasilkan karya-karya fantastis, bahkan ke mancanegara. Salah satunya Chris Lie pendiri Caravan Studio yang telah membuat desain dan ilustrasi untuk perusahaan kelas dunia, seperti Marvel Comics, Wizard of the Coast, Hasbro,Konami, Riot Games, HBO Asia, dan Sony Online Entertainment.

Dok. Caravan Studio

 

Bagi yang gemar dengan fotografi, fotografi pernikahan bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Tidak hanya acara resepsi pernikahan, tren saat ini pasangan pengantin ingin mengabadikan momen spesialnya dengan foto pre-wedding. Untuk menghasilkan foto yang istimewa dan berkesan perlu teknik dan peralatan fotografi yang mumpuni. Ivan Mario – wedding photographer dari AXIOO menggunakna kamera Canon EOS R untuk mengasilkan karya masterpiece bagi kliennya.

“Peralatan fotografi sangat penting karena alat ini yang akan memudahkan pekerjaan di lapangan. Bagi saya Canon EOS R merupakan kamera mirrorless full-frame dari Canon yang memiliki kualitas luar biasa. Selain desainnya lebih ringkas dari kamera DSLR, kamera ini tetap mampu memunculkan ketajaman gambar dan warna skin tone yang bagus khas kamera Canon,” ujar Ivan Mario. 

Ivan Mario - Wedding Photography dari AXIOO

 

3. Hati-hati

Karakter negatif tikus yaitu suka mencuri. Berhati-hatilah dalam menjalankan bisnis di tahun ini karena tindak kejahatan dapat mengancam. Untuk itu upaya mencegah tindak kejahatan agar aset perusahaan termasuk dokumen tidak hilang atau dicuri menjadi sesuatu yang sangat penting. Beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu dengan memasang kamera CCTV dan akses masuk. Secure yang merupakan produk sistem keamanan dari PT Datascrip menyediakan perangkat sistem kemamanan tersebut.

Sistem kamera pengawas dari Secure dapat diterapkan untuk pengawasan area indoor dan outdoor dengan kualitas gambar yang jernih dan tajam. Untuk mendukung keamanan, ruang kerja juga perlu dilengkapi dengan sistem akses sehingga tidak sembarang orang bisa masuk.

Kamera CCTV Secure

 

Berbicara tentang keamanan, data juga merupakan aset berharga yang perlu dijaga. Selain ada dalam ruang penyimpanan di komputer, data perlu di back up di perangkat penyimpanan lain. WD My Passport Go merupakan merupakan perangkat penyimpanan yang bisa diandalkan. Selain bentuknya yang ringkas sehingga dapat di bawa ke mana pun, perangkat SSD ini teknologi drop-resistant sehingga aman ketika terbentur atau jatuh dari ketinggian hingga dua meter.

Keunggulan dari perangkat SDD yaitu kecepatannya dalam mengirimkan data. WD My Passport Go memiliki kecepatan hingga 400Mbps, dengan pilihan kapasitas 500GB dan 1TB.

WD My Passport Go

 

“Datascrip sebagai perusahaan distributor terkemuka di Indonesia senantiasa menghadirkan produk-produk berkualitas yang didukung dengan layanan purnajual yang prima, untuk mendukung aktivitas bisnis berjalan dengan optimal dan memiliki daya saing,” ujar Liana Setiawan – Direktur Penjualan PT Datascrip.

Huawei kembali menghadirkan smartphone flagship-nya, yaitu Huawei Mate 30 Pro. Dengan desain berkelas, smartphone ini dibekali dengan 4 ...
1. Kenali diri sendiri. Sebagai doodler, kamu harus mengenali diri kamu sendiri, seberapa besar potensi kamu dalam menekuni dunia Doodle Art ini. Kamu harus mau cari tahu dan belajar untuk memulai sesuatu yang k...
Bagi kamu yang punya hobi menggambar jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan tiket jalan-jalan gratis ke Jepang. tombow...