Kamis, 03 Desember 2020

Aman dan Produktif Kembali Bekerja di Kantor

Rabu, 28 Oktober 2020

Beberapa karyawan perusahaan dan instansi mulai melakukan aktivitasnya kembali bekerja di kantor dengan menerapkan protokol kesehatan. Penerapan 3M (menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun) menjadi hal yang mutlak dan harus dilakukan. Selain itu, teknologi yang berkembang saat ini dapat mendukung aktivitas kerja di kantor agar lebih produktif dan tetap aman dari bahaya penularan Virus Covid-19.

Salah satu upaya mencegah penularan yaitu mendeteksi suhu tubuh karyawan atau tamu yang hendak masuk ke area kantor. Selain menggunakan alat termometer infra merah atau kamera CCTV termal, kini ada solusi dari UNV yang menghadirkan teknologi deteksi suhu tubuh, penggunaan masker sekaligus mesin absensi, dalam satu perangkat. Penggunaan alat ini sangat mudah dan ringkas, yaitu cukup dengan mendekatkan pergelangan tangan ke bagian sensor sembari memposisikan wajah di depan kamera. Ketika sensor mendeteksi suhu tubuh di atas ketentuan normal maka alarm peringatan akan berbunyi.

Solusi dari UNV dapat mendeteksi suhu tubuh, penggunaan masker, sekaligus sebagai mesin absen

Alat ini juga telah dibekali dengan teknologi teknologi Face Recognition sehingga ketika karyawan atau tamu tidak menggunakan masker, alat ini akan memberikan alarm peringatan. Selain itu, solusi dari UNV ini juga sangat menguntungkan karena dapat mengidentifikasi dan memverifikasi wajah seseorang sehingga dapat digunakan sebagai mesin absensi.

Pencegahan penularan virus Covid-19 dengan protokol kesehatan perlu didukung dengan disinfeksi atau sterilisasi ruang dan benda yang ada di sekitar kita, termasuk di lingkungan kantor sehingga perkantoran tidak menjadi cluster penyebaran baru dan dapat menyediakan ruang kerja yang nyaman dan aman bagi karyawannya. Karena virus juga bisa menular melalui udara dan droplet yang menempel di benda atau perangkat kerja di ruang kerja bisa saja terjadi.

Datascrip menghadirkan solusi metode disinfeksi dengan teknik penyinaran ultra violet (UV) tipe C atau UV-C dari Signify. Perusahaan yang telah dikenal dengan merek lampu Philips ini memiliki pengalaman lebih dari 35 tahun dalam mengembangkan inovasi teknologi pencahayaan UV-C. Radiasi sinar UV-C dengan panjang gelombang 253,7 nanometer yang terdapat pada produk Signify telah terbukti efektif menghancurkan DNA dari bakteri, jamur dan virus sehingga menjadi tidak berbahaya.

Menurut penelitian dari Universitas Boston, pemaparan sinar UV-C dari produk Signify dengan dosis 22mJ/cm2 dapat menonaktifkan 99,9999% virus SARS-CoV-2/Covid-19 dalam waktu 25 detik. Adapun untuk lama intensitas penyinaran di ruangan akan tergantung dari luas ruangan dan jumlah lampu UV-C yang dipasang. Sinar UV-C merupakan pilihan disinfeksi non-kimia yang aman, praktis, dan sangat efektif bila digunakan sesuai petunjuk. Penambahan sistem memungkinkan pengaturan secara otomatis sehingga meminimalisir kemungkinan adanya human error saat digunakan.

Penerapan disinfeksi dengan sinar UV-C di lingkungan kantor menggunakan metode Metode Surface Disinfection

“Dalam penerapan solusi UV-C dari Signify, Datascrip memberikan layanan menyeluruh mulai dari perencanaan, pemasangan hingga metode penggunaan yang efisien. Pelanggan bisa berkonsultasi tentang desain tata letak dan jumlah lampu UV-C yang dibutuhkan, sistem keamanan selama UV-C bekerja, hingga membuat sebuah sistem smart control yang berfungsi untuk mengatur lama penggunaan lampu UV-C di ruangan secara otomatis,” ujar Sylvia Lionggosari – Business Unit Director PT Datascrip.

Pertemuan dengan rekan bisnis bisa tetap berlangsung dengan menggunakan video conference. Selain aman karena tidak melakukan pertemuan fisik langsung, teknik pertemuan secara online ini lebih efisien, dari sisi waktu dan biaya transportasi. Anda bisa melakukan pertemuan klien yang ada di luar kota, bahkan di luar negeri.

Banyak platform yang bisa digunakan seperti Zoom, Skype, Microsoft Teams, Cisco Webex atau Google Meet, namun untuk memaksimalkan gambar Anda agar dapat tampil dengan jernih dan tajam di layar rekan bisnis bisa menggunakan perangkat webcam berkualitas Logitech MeetUp. Webcam ini dilengkapi optik kamera premium sehingga menangkap bidang pandang lebar tanpa mendistorsi wajah dan tetap terlihat alami. Logitech MeetUp dilengkapi dengan Expansion Mic untuk memastikan suara orang yang ada di area meeting dapat tertangkap dengan baik dan dapat mengurangi noise. Webcam ini juga telah dilengkapi speaker dengan kualitas suara yang jernih.

Pertemuan dengan metode video conference selain mencegah kontak fisik, juga efisien

Pemenuhan kebutuhan kantor juga bisa dilakukan dengan belanja online sehingga menghindari pertemuan secara fisik. Berbagai produk peralatan dan perlengkapan bisnis ditemukan di Datascripmall.ID. Situs belanja online dari Datascrip ini memiliki tampilan visual yang menarik, mudah diakses dan user friendly, portal belanja ini siap memberikan pengalaman dan kepuasan pelanggan dalam belanja online dengan menyediakan produk-produk berkualitas, asli dan jaminan layanan purnajual.

Perangkat yang dibekali teknologi nirkabel juga dapat mendukung pencegahan penularan Virus Covid-19 karena pengguna tidak perlu kontak dengan perangkat tersebut. Apalagi perangkat tersebut digunakan secara bersama-sama di kantor seperti halnya mesin printer. Tidak dapat dipungkiri kebutuhan cetak dokumen di kantor sebagian besar adalah hitam putih, namun terkadang kebutuhan cetak warna tetap ada meskipun frekuensi dan volumenya sedikit.

Printer GM2070 dengan teknologi nirkabel Wi-Fi

Dengan keunikan teknologi yang disematkan, printer GM2070 menjadi solusi untuk kebutuhan tersebut. GM2070 merupakan printer monokrom yang bisa difungsikan untuk cetak warna. Dibekali dengan tangki tinta hitam yang dapat diisi ulang, printer ini juga didesain khusus agar dapat dipasang kartrid tinta warna. Ketika kartrid dilepas, GM2070 kembali berfungsi sebagai printer monokrom yang dapat mencetak hingga 8.300 halaman dari satu botol tinta isi ulang. Printer ini dapat terkoneksi dengan perangkat smartphone menggunakan koneksi Wi-Fi. Aktivitas mencetak bisa dilakukan langsung melalui aplikasi Canon Print Inkjet/SELPHY pada perangkat dengan sistem operasi Android atau iOS.  

Selalu patuhi protokol kesehatan agar dapat bekerja dengan produktif, aman dan sehat.

Virus Covid-19 masih menjangkit di seluruh belahan dunia, termasuk di Indonesia. Wabah ini belum tahu kapan akan berakhir. Dalam salah satu sesi webinar Datascrip e-Expo yang diadakan baru-baru ini, dr. Teuku Adifitrian, Sp.BP-RE atau yan...
Tampak pada gambar (kiri-kanan): Romo Royke Djakarya – Pembina Yayasan Bina Teknik Strada berfoto bersama Joe Kamdani – Mentor pt. Datascrip dan Lucy Kamdani us...
Menurut penelitian World Health Organization (WHO), 80% penyebaran virus Covid-19 menyebar melalui sentuhan fisik. Oleh karena itu, WHO menyarankan kepada setiap orang untuk selalu rajin cuci tangan menggunakan sabun, hand sanitizer ...