Selasa, 07 Juli 2020

Pulau Sumba, Eksotika Alam dan Budaya Timur Indonesia

Oleh : Michael Sidharta

Senin, 18 Februari 2019

Akhir-akhir ini Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur menjelma menjadi destinasi favorit wisatawan, baik itu Sumba Barat maupun Sumba Timur. Transportasi paling diminati menuju Pulau Sumba adalah menggunakan pesawat terbang yang biasanya transit di Denpasar, Bali kemudian berlanjut ke Sumba.

Perjalanan ke Pulau Sumba bisa diawali dari Sumba Barat dan diakhiri di Sumba Timur atau sebaliknya. Dalam tulisan ini saya mengawali perjalanan dari Sumba Barat. Destinasi wisata Sumba cukup beragam, mulai spot wisata alam pantai, air terjun, savana yang instragramable, hingga wisata budaya ke kampung adat yang sangat menarik dikunjungi.

Berikut ini beberapa destinasi pilihan saat berwisata ke Sumba, yang keindahannya saya abadikan menggunakan kamera Canon EOS 5D Mark IV.

 

Kampung Adat Ratenggaro

Berkunjung ke Sumba jangan lupakan Kampung Adat Ratenggaro yang eksotik dan masih terjaga keasliannya. Desain rumah adat khas Sumba dengan atap yang menjulang tinggi dan dapur yang berada di tengah ruangan menjadi pemandangan unik tersendiri. Kampung Adat Ratenggaro terletak di Kabupaten Sumba Barat Daya, di tepi Pantai Ratenggaro yang juga merupakan muara Sungai Waiha.

 

Pantai Mbawana

Pantai Mbawana bisa disebut juga Pantai Batu Bolong karena terdapat tebing batu besar yang berlubang dan menjorok ke pantai. Pantai Mbawana terletak di Kecamatan Kodi, Sumba Barat Daya.

Menikmati Pantai Mbawana bisa dari ketinggian di perbukitan atau dari area pantai. Sensasi pemandangannnya tentu berbeda. Apabila dilihat dari atas akan terlihat keindahan keseluruhan Pantai Mbawana, sedangkan dari area pantai kita akan bersentuhan langsung dengan pasir putih dan kemegahan batu bolong yang menjadi ikon Pantai Mbawana.

 

Air Terjun Lapopu

Air Terjun Lapopu merupakan destinasi wajib bagi pengunjung yang hendak melakukan perjalanan darat menjelajahi eksotisme Pulau Sumba dari barat ke timur. Air terjun ini berada di Kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Matalawa, Sumba Barat. Air Terjun Lapopu merupakan air terjun bertingkat (berundak) yang jatuh dari tebing miring dan bermuara pada kolam besar yang jernih berwarna hijau tosca. Kejernihan airnya menggoda wisatawan untuk berbasah-basah sekadar berendam atau bahkan berenang.

Dari Sumba Barat beralih ke Sumba Timur dengan savananya yang eksotis. Pada musim hujan bukit-bukit dan savana menghijau, sebaliknya pada musim kemarau perbukitan dan savana menjadi kering keemasan.

Bukit Wairinding & Bukit Tenau

Bukit Wairinding ini menjadi salah satu destinasi paling sering dikunjungi. Selain karena landscape perbukitannya yang indah, juga karena aksesnya mudah dan sangat dekat dengan dengan Waingapu, ibukota Kabupaten Sumba Timur. Bukit lainnya yang juga menarik dikunjungi adalah Bukit Tenau, yang dapat ditempuh sekitar 30 menit menggunakan mobil dari Waingapu. Di Bukit Tenau kita juga akan disuguhi pemandangan yang indah dengan barisan bukit-bukitnya.

 

Pantai Walakiri

Destinasi selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah Pantai Walakiri, yang indah, tenang dan landai dengan hamparan pasir putihnya. Walakiri bisa dikatakan pantai yang unik dan sangat instragramable. Pantai ini juga cocok menjadi tempat bersantai sambil menikmati matahari terbenam.

Pohon-pohon mangrove yang terdapat di bibir pantai membuat Walakiri menjadi unik. Saat air mulai surut wisatawan berbondong-bondong menuju bibir pantai untuk berpose selfie dengan pohon mangrove yang meliuk-liuk bak penari.

Untuk oleh-oleh khas Sumba, kain tenun Sumba bisa menjadi pertimbangan utama. Kain tenun Sumba terkenal dengan keindahan motif primitif yang khas dan padat menghiasi hampir seluruh bagian kain.

 

Selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) banyak hal positif yang bisa dilakukan meski di rumah saja. Selain bekerja dan belajar dari rumah, Anda juga bisa membuat karya kreatif untuk menyalurkan hobi, bahkan juga bisa menjadi penghasila...
Kampanye dengan tagar #DiRumahAja menjadi salah satu cara untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19 agar tidak semakin luas. Bila Anda bosan melakukan aktifitas yang itu-itu saja, banyak cara yang dapat Anda lakukan saat #DiRumahAja. Salah satuny...
Di tengah wabah virus Covid-19 yang sedang kita hadapi saat ini, kita dihimbau untuk tetap berada di rumah dan belajar maupun bekerja dari rumah saja untuk menghindari kontak dengan orang lain dan mencegah proses penularan dari virus jenis baru in...