Minggu, 05 Februari 2023

Pulau Belitung Pesona Negeri Laskar Pelangi

Senin, 12 Desember 2022

dok. Datascrip

Pulau Belitung menjadi destinasi wisata favorit dengan pesona wisata bahari yang indah, pasir putih yang landai, serta bebatuan granit yang khas. Belitung merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pulau ini terkenal sebagai penghasil lada putih, timah, pasir kuarsa, kaolin dan granit. Tidak hanya itu, banyak orang datang ke pulau ini setelah melihat film Laskar Pelangi.

Akses menuju ke pulau ini bisa menggunakan pesawat menuju Bandara Tanjung Pandan dengan waktu tempuh dari Jakarta hanya sekitar 1 jam. Sesampai di Pulau Belitung sebaiknya Anda menginap karena ada banyak destinasi menarik yang wajib dikunjungi, dan tidak cukup jika hanya satu hari. Berikut tempat wisata favorit di Pulau Bangka Belitung:

 

1. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai ini memiliki puluhan batu granit raksasa, yang bentuknya sangat unik. Nama “Kelayang” bisa dikatakan merupakan nama yang diambil dari salah satu jenis burung yang terdapat di pantai ini. Pantai ini merupakan semenanjung yang menjorok ke arah utara. Garis pantainya membentang sepanjang 4 Km hingga ke pantai Tajung Tinggi di sisi timur.

Pantainya yang luas serta tekstur pasir halus menjadikan Tanjung Kelayang tempat yang cocok untuk berjalan kaki santai atau sekadar berbaring sambil menikmati semilir angin. Pantai ini sering dijadikan persinggahan bagi para turis yang ingin mengunjungi pulau-pulau kecil di sekitarnya, termasuk Pulau Lengkuas yang menjadi destinasi wajib dikunjungi berikutnya.

 

2. Pulau Lengkuas

Daya tarik utama di pulau ini adalah mercusuar tua yang dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1882. Hingga saat ini, mercusuar tersebut masih berfungsi sebagai penuntun lalu lintas kapal yang melewati atau keluar masuk Pulau Belitung.

Pulau Lengkuas adalah salah sebuah pulau di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Letaknya di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang dan hanya membutuhkan waktu 40 menit dengan kapal motor. Selama perjalanan, Anda bisa menikmati indahnya pemandangan sekitar dengan gugusan batu granit raksasa dan biru air laut.

 

3. Danau Kaolin

Destinasi menarik berikutnya adalah Danau Kaolin. Danau ini sebetulnya merupakan bekas tambang biji timah. Anda dapat menemukan pemandangan yang luar biasa di danau dengan air berwarna biru dipadu dengan bebatuan berwarna putih. Tak hanya biru, warna airnya juga beragam berdasarkan umur galian tambang. Warna biru muda mengindikasikan galian berumur muda atau 10 tahun. Sedangkan danau berwarna hijau gelap dan cokelat merupakan galian tambang yang sudah tua.

Rute untuk menuju ke Danau Kaolin juga mudah, hanya 15 Km dari ibu kota Kabupaten Bangka Tengah menggunakan mobil.

 

4. Sekolah Laskar Pelangi

Bagi yang sudah menonton film Laskar Pelangi tentu akan muncul rasa penasaran untuk mengunjungi sekolahnya Lintang dan kawan-kawan ini. Sebetulnya bangunan reot ini adalah replika dari SD Muhammadiyah Gantung yang merupakan representasi sekolah asli tempat penulis novel Laskar Pelangi, Andrea Hirata, menimba ilmu dan pengetahuan.

Di sini pengunjung bisa berfoto di dalam kelas seraya merasakan bagaimana suasana belajar. Atau, berfoto di halaman dengan latar belakang bangunan sekolah yang khas. Keseruan ini bisa diabadikan dengan kamera Canon yang menghasilkan gambar berkualitas untuk semua momen perjalanan wisata Anda. Seperti foto-foto di artikel ini yang diambil dengan kamera EOS R.

 

Canon Semarang PhotoMarathon 2022 kembali digelar. Lebih dari 750 pelajar serta mahasiswa dari Semarang dan sekitarnya ikut ambil bagian memeriahkan lomba foto ta...
Seringkali kita mendokumentasikan berbagai momen keceriaan saat acara pesta atau kumpul bersama keluarga dan teman menggunakan kamera digital, tentu akan lebih berkesan jika foto tersebut bisa kita cetak untuk dibagikan dengan cepat. Janga...
PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia secara resmi merilis ...