Rabu, 25 November 2020

Pengukuran dan Pemetaan Lahan Secara Cepat dan Akurat dengan Teknologi Satelit

Rabu, 07 Maret 2018

Pengerjaan teknis pengukuran dan pemetaan lahan membutuhkan teknologi dan peralatan yang memadai serta presisi dalam pengukuran. Salah satu teknologi yang mendukung hal tersebut adalah Global Navigation Satelite System (GNSS), teknologi satelit yang digunakan untuk menentukan posisi atau lokasi dalam titik koordinat.

Satelit akan mentransmisikan sinyal radio dengan frekuensi tinggi yang berisi data waktu dan posisi ke GNSS receiver, yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui titik koordinat lokasi yang sedang disurvei atau dipetakan. Ada tiga produk GNSS receiver dari CHC Navigation yang dipasarkan oleh pt. Datascrip, yakni CHC i80, CHC X91+ dan CHC M5.

“Kami menghadirkan solusi bagi pekerjaan pengukuran dan pemetaan lahan yang cepat dan akurat karena GNSS CHC i80, CHC X91+ dan CHC M5 sudah dilengkapi dengan kemampuan pengukuran Real Time Kinematik (RTK) sehingga dapat menghasilkan data pengukuran yang akurat secara langsung di lapangan,” ujar Gatot P. Laksono, Division Manager Survey System & 3D Equipment PT Datascrip.

Untuk mengukur titik koordinat, surveyor menggunakan minimal dua perangkat GNSS receiver, yang satu berfungsi sebagai pusat (base) koreksi sinyal, dan perangkat lainnya bisa dipindahkan (rover) sesuai area koordinat yang dipetakan untuk mengirim data ke base.

GNSS CHC i80 merupakan produk unggulan karena sudah dilengkapi dengan teknologi mutakhir antara lain fitur Bluetooth dan Wi-Fi yang memungkinkan surveyor melakukan pengaturan alat dari jarak jauh.

CHC X91+ adalah GNSS receiver yang memungkinkan pengukuran RTK dengan memanfaatkan modem GSM atau radio UHF. Desainnya yang ringkas dan kokoh menjadikan GNSS receiver ini andal untuk digunakan kapan pun dan di mana pun. Sedangkan CHC M5 merupakan GNSS receiver yang menjadi solusi untuk kebutuhan surveyor dengan bujet terbatas. GNSS receiver ini juga dapat dapat digunakan dengan aplikasi pemetaan dan surveying berbasis Android yaitu LandStar 7.

Beberapa karyawan perusahaan dan instansi mulai melakukan aktivitasnya kembali bekerja di kantor dengan menerapkan protokol kesehatan. Penerapan 3M (menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun) menjadi hal yang m...
Virus Covid-19 masih menjangkit di seluruh belahan dunia, termasuk di Indonesia. Wabah ini belum tahu kapan akan berakhir. Dalam salah satu sesi webinar Datascrip e-Expo yang diadakan baru-baru ini, dr. Teuku Adifitrian, Sp.BP-RE atau yan...
Kebebasan berkreasi menggambar kini lebih leluasa dengan hadirnya Tombow ABT Pro. Brush pen dengan tinta berbahan dasar alkohol i...