Rabu, 25 November 2020

Paracosm PX-80 Solusi Menghadapi Tren Data 3D di Industri 4.0

Rabu, 23 Oktober 2019

Data merupakan elemen yang sangat penting di era revolusi industri 4.0. Kecepatan, efektivitas dan efisiensi pekerjaan akan bergantung pada data yang tersedia. Hal ini pun terjadi di bidang arsitektur, konstruksi dan engineering ketika akan melakukan proses analisis perencanaan hingga pelaksanaan suatu proyek.

Menjawab tantangan tersebut, Datascrip menghadirkan Paracosm PX-80, perangkat laser scanner 3D handheld yang praktis untuk menghasilkan data 3D secara akurat dan cepat di area indoor maupun outdoor. Dengan alat ini, pemindaian area dengan rentang jangkauan hingga 80 meter dapat dilakukan oleh satu orang saja.

Paracosm PX-80 merupakan perangkat scanner Simultaneous Localization and Mapping (SLAM) pertama di dunia yang dapat menyajikan data berupa gambar berwarna karena telah terintegrasi dengan kamera beresolusi 3,2 megapiksel.

“Hadirnya perangkat laser scanner 3D handheld Paracosm PX-80 ini memudahkan penyajian data secara praktis, cepat dan akurat, sehingga proses perencanaan hingga pelaksanaan proyek pembangunan dapat terlaksana dengan baik. Perangkat ini dapat diaplikasikan di berbagai bidang seperti analisis proyek konstruksi, dokumentasi pabrik, perencanaan keamanan hingga analisis kehutanan,” ujar Gatot P. Laksono - Senior Division Manager Survey & 3D Equipment PT Datascrip.

Dengan bobot 5,3 kg (termasuk beterai), Paracosm PX-80 sangat praktis digunakan karena dapat dihubungkan dengan perangkat Apple® iPad mini™ 4. Proses pengaturan dan pengambilan data yang dapat dilakukan dengan berpindah tempat atau tidak statis. Alat ini juga didukung Inertial Measurement Unit (IMU) yang memudahkan pengambilan data di area terbuka mapun di area tertutup seperti di dalam gedung.

Beberapa karyawan perusahaan dan instansi mulai melakukan aktivitasnya kembali bekerja di kantor dengan menerapkan protokol kesehatan. Penerapan 3M (menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun) menjadi hal yang m...
Tampak pada gambar (kiri-kanan): Romo Royke Djakarya – Pembina Yayasan Bina Teknik Strada berfoto bersama Joe Kamdani – Mentor pt. Datascrip dan Lucy Kamdani us...
Menurut penelitian World Health Organization (WHO), 80% penyebaran virus Covid-19 menyebar melalui sentuhan fisik. Oleh karena itu, WHO menyarankan kepada setiap orang untuk selalu rajin cuci tangan menggunakan sabun, hand sanitizer ...