Minggu, 07 Maret 2021

Paracosm PX-80 Solusi Menghadapi Tren Data 3D di Industri 4.0

Rabu, 23 Oktober 2019

Data merupakan elemen yang sangat penting di era revolusi industri 4.0. Kecepatan, efektivitas dan efisiensi pekerjaan akan bergantung pada data yang tersedia. Hal ini pun terjadi di bidang arsitektur, konstruksi dan engineering ketika akan melakukan proses analisis perencanaan hingga pelaksanaan suatu proyek.

Menjawab tantangan tersebut, Datascrip menghadirkan Paracosm PX-80, perangkat laser scanner 3D handheld yang praktis untuk menghasilkan data 3D secara akurat dan cepat di area indoor maupun outdoor. Dengan alat ini, pemindaian area dengan rentang jangkauan hingga 80 meter dapat dilakukan oleh satu orang saja.

Paracosm PX-80 merupakan perangkat scanner Simultaneous Localization and Mapping (SLAM) pertama di dunia yang dapat menyajikan data berupa gambar berwarna karena telah terintegrasi dengan kamera beresolusi 3,2 megapiksel.

“Hadirnya perangkat laser scanner 3D handheld Paracosm PX-80 ini memudahkan penyajian data secara praktis, cepat dan akurat, sehingga proses perencanaan hingga pelaksanaan proyek pembangunan dapat terlaksana dengan baik. Perangkat ini dapat diaplikasikan di berbagai bidang seperti analisis proyek konstruksi, dokumentasi pabrik, perencanaan keamanan hingga analisis kehutanan,” ujar Gatot P. Laksono - Senior Division Manager Survey & 3D Equipment PT Datascrip.

Dengan bobot 5,3 kg (termasuk beterai), Paracosm PX-80 sangat praktis digunakan karena dapat dihubungkan dengan perangkat Apple® iPad mini™ 4. Proses pengaturan dan pengambilan data yang dapat dilakukan dengan berpindah tempat atau tidak statis. Alat ini juga didukung Inertial Measurement Unit (IMU) yang memudahkan pengambilan data di area terbuka mapun di area tertutup seperti di dalam gedung.

Era pandemi bukan menjadi halangan untuk berkreativitas dan meningkatkan kemampuan fotografi. Salah satunya dengan mengikuti ajang kompetisi Canon Photo of the Mo...
Bekerja dan belajar di rumah sekarang sudah menjadi hal yang lumrah. Di sisi lain, kegiatan bekerja dan belajar di rumah kadang terkendala dengan peralatan yang tersedia. Salah satunya perangkat untuk mencetak atau printer. Padahal kebutu...
Salah satu penyebab makin menyebarnya virus Covid-19 adalah karakteristik virus ini yang dapat bertahan lama di permukaan benda, terlebih pada permukaan benda yang sering digunakan, seperti gagang pintu, mesin absen di kantor, remote tv, ...