Rabu, 25 November 2020

Manfaat Partisi Akustik untuk Kantor Berdesain Open-Plan

Selasa, 18 Juni 2019

Konsep kantor terbuka atau yang juga dikenal dengan istilah open-plan office kini semakin banyak diaplikasikan pada kantor-kantor untuk menunjang kebutuhan co-working dan collaboration antarkaryawan, yang sebagian besar merupakan generasi milenial. Di satu sisi, desain open-plan ini menunjang aktivitas dan produktivitas karyawan, namun di sisi lain terdapat tantangan yang perlu disiasati dengan tepat.

Tanpa adanya sekat-sekat yang membagi ruang kerja, kebisingan dapat timbul dan berpotensi mengganggu ketenangan maupun konsentrasi karyawan di tempat kerja. Oleh karena itu, kantor berdesain terbuka perlu didukung furnitur berbahan material akustik. Memahami hal tersebut, Datascrip menghadirkan Flexmo Acoustic Panel. Selain meredam kebisingan, apa saja manfaat partisi akustik ini untuk ruang kerja, khususnya yang menerapkan desain open-plan office?

1. Membantu Karyawan Lebih Fokus

Desain kantor berkonsep open-plan memang terbuka, namun bukan berarti kita tidak boleh menggunakan partisi yang selaras dengan konsep open-plan office. Seperti Flexmo Acoustic Panel, partisi berdesain tipis dan pendek yang bisa dipasang di atas meja kerja. Pengaplikasian tersebut bertujuan menciptakan suatu ruang bagi setiap karyawan sehingga lebih fokus dalam bekerja.

2. Memberikan Privasi

Salah satu manfaat adanya partisi adalah karyawan memiliki privasi di meja kerjanya masing-masing. Hal ini dapat memberikan kenyamanan sekaligus membantu konsentrasi karyawan saat bekerja perorangan. Partisi akustik juga cocok digunakan untuk kantor yang menyediakan area khusus untuk menelepon (phone zone) karena tidak semua orang nyaman didengar percakapannya. Begitu pula, tidak semua orang dapat mendengar percakapan telepon tanpa terganggu konsentrasinya dalam bekerja.

3. Menciptakan Suasana Ruang Kerja yang Bersih dan Sehat

Terbuat dari bahan poliester, Flexmo Acoustic Panel bersifat tidak menyerap kelembaban sehingga material ini lebih tahan terhadap bakteri dan jamur dibandingkan bahan lainnya, seperti kain atau kayu.  Selain antibakteri, Flexmo Acoustic Panel juga memiliki sifat fire retardant. Produk ini juga ramah lingkungan karena poliester termasuk bahan yang dapat didaur ulang.

4. Sebagai Dekorasi

Partisi dengan desain yang fun dan colourful ini juga dapat memberi nuansa yang menyegarkan sebagai dekorasi interior ruang kerja.

Beberapa karyawan perusahaan dan instansi mulai melakukan aktivitasnya kembali bekerja di kantor dengan menerapkan protokol kesehatan. Penerapan 3M (menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun) menjadi hal yang m...
Tampak pada gambar (kiri-kanan): Romo Royke Djakarya – Pembina Yayasan Bina Teknik Strada berfoto bersama Joe Kamdani – Mentor pt. Datascrip dan Lucy Kamdani us...
Menurut penelitian World Health Organization (WHO), 80% penyebaran virus Covid-19 menyebar melalui sentuhan fisik. Oleh karena itu, WHO menyarankan kepada setiap orang untuk selalu rajin cuci tangan menggunakan sabun, hand sanitizer ...