Jum'at, 30 Oktober 2020

Disinfeksi dengan UVC di Lingkungan Kantor, Kembali Bekerja dengan Tetap Aman dan Sehat

Selasa, 01 September 2020

Menurut penelitian World Health Organization (WHO), 80% penyebaran virus Covid-19 menyebar melalui sentuhan fisik. Oleh karena itu, WHO menyarankan kepada setiap orang untuk selalu rajin cuci tangan menggunakan sabun, hand sanitizer dan menerapkan physical distancing.

Tidak hanya menular melalui udara atau sentuhan fisik, virus ini juga dapat ditularkan melalui droplet yang menempel di benda-benda sekitar kita, termasuk perangkat gawai, perangkat kerja, uang atau fasilitas umum lainnya.

"Penerapan physical distancing dan mengurangi kegiatan di tempat umum selama masa PSBB mampu menekan angka penyebaran virus covid-19. Setelah memasuki masa new normal, masyarakat mulai kembali bekerja di kantor. Tetapi karena banyak kantor yang tidak siap dengan penerapan protokol kesehatan, akhirnya beberapa ditutup kembali. Melihat hal tersebut Datascrip dan Signify Indonesia memberikan solusi penerapan UVC untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 khususnya di lingkungan kantor agar dapat bekerja dengan aman," ujar Sylvia Lionggosari - Business Unit Director PT Datascrip.

Ivan Sie - Multinational ICT & IoT Consultant mengatakan saat ini sudah banyak gedung perkantoran yang telah menerapkan protokol kesehatan mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, mewajibkan penggunaan masker, menyediakan hand sanitizer hingga pengaturan jarak aman (physical distancing).

Menurutnya pencegahan penularan virus Covid-19 dengan protokol kesehatan tersebut perlu didukung dengan disinfeksi atau sterilisasi ruang dan benda yang ada di lingkungan kantor. Kemungkinan virus menular lewat udara dan droplet yang menempel di benda atau perangkat kerja di ruang kerja bisa saja terjadi.

Metode sterilisasi di lingkungan kantor yang efektif untuk mencegah penularan virus dan bakteri yaitu melalui teknik penyinaran ultra violet (UV) tipe C atau UVC. Radiasi sinar UVC dengan panjang gelombang 253,7 nanometer ini terbukti efektif menghancurkan DNA dari bakteri, jamur dan virus sehingga menjadi tidak berbahaya.

Senada dengan hal tersebut, Danny Gunadi - Value Added Partner Manager Signify Indonesia mengungkapkan bahwa menurut penelitian dari Universitas Boston, sinar UVC dengan dosis 22mJ/cm2 dapat menonaktifkan 99% virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19 dalam waktu 25 detik. Adapun untuk lama intensitas penyinaran di ruangan akan tergantung dari luas ruangan dan jumlah lampu UVC yang dipasang.

Penerapan sinar UVC di lingkungan kantor bisa dilakukan di ruang rapat, toilet, area kerja, serta ruang tertutup lainnya. Selain itu, sinar UVC juga dapat diterapkan di berbagai area atau fasilitas publik, seperti bioskop, transportasi umum, pusat perbelanjaan, hotel ataupun restoran.

Ada beberapa cara untuk mengaplikasikan sinar UVC di lingkungan kantor. Pertama metode disinfeksi udara dengan model Upper Air yaitu memasang lampu UVC pada plafon. Sinar UVC akan menyerang virus dan bakteri yang ada di udara. Orang tetap dapat beraktivitas di ruangan selama lampu UVC menyala karena sinar hanya mengarah ke udara.

Metode Upper Air Disinfection

 

Metode kedua, yaitu surface disinfection / disinfeksi permukaan benda-benda yang tampak di ruangan seperti perangkat kerja, mulai dari mouse, keyboard, hingga alat tulis. Lampu UVC dipasang di dinding atau plafon untuk menyinari benda yang tampak di ruangan. Metode perlu ini diperhatikan karena tidak boleh ada orang selama penyinaran berlangsung.

Metode Surface Disinfection

 

Ketiga, yaitu metode chamber disinfection / disinfeksi dengan menyinari objek ke dalam kotak lampu UVC. Metode ini sebetulnya sudah sering digunakan oleh ibu menyusui untuk melakukan sterilisasi peralatan makan bayi. Perangkat atau kotak penyinaran ini memiliki berbagai ukuran yang dapat digunakan untuk menyinari berbagai perangkat kerja di kantor, mulai dari gadget, buku hingga kunci kendaraan. Metode ini sangat efektif untuk sterilisasi benda yang masuk ke dalam kantor.

Metode Chamber Disinfection

 

Kembali bekerja di kantor dengan aman dan sehat dengan menerapkan protokol kesehatan dan disinfeksi UVC. Penerapan lampu UVC untuk disinfeksi memiliki risiko minimum ketika ditangani oleh para profesional. Informasi lebih lanjut tentang disinfeksi dengan UVC bisa menghubungi Angga (angga_perdana@datascrip.co.id) atau Aldi (rynaldi_hazmi@datascrip.co.id).

Tampak pada gambar (kiri-kanan): Romo Royke Djakarya – Pembina Yayasan Bina Teknik Strada berfoto bersama Joe Kamdani – Mentor pt. Datascrip dan Lucy Kamdani us...
Untuk tetap mendekatkan para pelanggan dan memberikan informasi seputar solusi bisnis dan produk-produk terbaru, PT Datascrip akan mengadakan Datascrip e-Expo 2020 yang berlangsung 7-12 September 2020. Pameran yang berlangsung secara o...
Perilaku masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya dengan berbelanja online terus meningkat seiring dengan masih berlangsungnya pandemi Covid-19 hingga saat ini. Dengan belanja secara online, konsumen juga bisa mendapatkan banyak ke...