Selasa, 07 Juli 2020

Kembangkan Kreativitas Desainer Muda Tanah Air, Datascrip Gelar Wacom Virtual Bootcamp 2020

Rabu, 24 Juni 2020

 Sebagai wujud dukungan kepada para desainer muda di Indonesia, pt. Datascrip mengadakan Wacom Virtual Bootcamp 2020. Kegiatan yang diadakan 8-19 Juni 2020 ini diikuti oleh 14 peserta dari berbagai kota di Indonesia. Mereka menjalani mentoring dari para desainer grafis profesional, serta ditantang untuk menghasilkan karya terbaiknya untuk menjadi 3 terbaik di akhir sesi untuk memperebutkan total hadiah senilai puluhan juta rupiah.

Keempat belas peserta tersebut merupakan hasil seleksi dari aktivitas Wacom Champion Roadshow 2019 yang di gelar dari bulan Agustus hingga Desember 2019 di 9 kota besar di Indonesia, yaitu: Surabaya, Medan, Bandung, Jakarta, Bali, Yogyakarta, Semarang, Makassar dan Pekanbaru. Wacom Champion Roadshow 2019 merupakan kegiatan talkshow dan workshop hasil kerja sama pt. Datascrip dengan 1% Studio dan re:ON Comics yang menghadirkan pembicara-pembicara profesional dari industri kreatif. Selain mendapatkan ilmu dan sharing pengalaman dari para pembicara, peserta Wacom Champion Roadshow 2019 juga mengikuti kompetisi menggambar. Peserta dengan karya terbaik dari masing-masing kota mendapatkan tiket untuk bisa mengikuti Wacom Bootcamp 2020.

Wacom Champion Roadshow 2019 merupakan kegiatan pelatihan, berbagi ilmu, sekaligus mencari talenta terbaik dari berbagai kota di Indonesia. Mereka yang terpilih kemudian mengikuti pelatihan lebih intensif lagi dengan pendamping desainer grafis profesional di program Wacom Virtual Bootcamp 2020. Meski berlangsung secara virtual, para peserta tetap mengikuti kegiatan Wacom Virtual Bootcamp dengan antusias hingga akhir sesi,” ujar Jeremy Hermanto – Senior Division Manager pt. Datascrip.

Wacom Virtual Bootcamp 2020 terdiri dari tiga sesi mentoring. Peserta dibagi menjadi tiga kelompok untuk mendapatkan mentoring dari desainer grafis profesional, yaitu Gita Juwita – Editor re:ON Comics, Misha Ahmad Azizia – Concept Artist & Art Director 1% Studio, Sutansyah Marahakim – Founder Wordshelf Studio. Di setiap sesi, para peserta ditantang untuk menghasilkan karya dengan tema yang telah ditentukan. Di akhir sesi, peserta menyerahkan dan mempresentasikan karya dengan tema "We Judge The Book by It’s Cover" untuk dikompetisikan dengan peserta lainnya, sekaligus memperebutkan gelar juara dan hadiahnya.

Dewan juri yang terdiri dari mentor dan tim Datascrip memutuskan karya terbaik yang menjadi juara pertama yaitu Radhitya Rizky Ruruh dari Yogyakarta berhak membawa pulang 1 unit Wacom Cintiq 22 inci, juara kedua diraih oleh Emir Saleh dari Bandung dengan hadiah berupa 1 unit Wacom Cintiq 16 inci, serta juara ketiga diraih oleh Marchya Lidya dari Semarang yang mendapatkan hadiah 1 unit Wacom One.

“Rangkaian kegiatan Wacom Virtual Bootcamp dan Wacom Champion Roadshow 2019 ini menjadi wadah untuk meningkatkan kemampuan berkreasi sekaligus mencari bibit-bibit baru desainer muda profesional Indonesia,” ujar Gita Juwita – Editor re:ON Comics.

“Para peserta Wacom Virtual Bootcamp 2020 ini memiliki kemampuan dan potensi yang luar biasa. Mereka harus terus mengasah kreativitasnya dengan terus berlatih dan menghasilkan karya yang bisa dijadikan portofolio sekaligus menjadi bekal untuk masuk ke industri kreatif dan menjadi seorang desainer profesional,” ujar Tri Adi Pasha - Business Development Director 1% Studio.

 

Meski masih dalam masa pendemi Covid-19, bukan berarti kreativitasmu jadi terhenti. Banyak hal positif yang bisa dilakukan, di antaranya membuat kr...
Canon melalui pt. Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digitalnya di Indonesia meraih penghargaan Solo Best Brand & ...
Untuk menghasilkan karya fotografi yang berkualitas maka kemampuan dan ilmu fotografi tetap harus dikembangkan meski masih dalam situasi pandemi Co...