Selasa, 29 November 2022

Berlangsung Semarak, Ratusan Mahasiswa dan Pelajar Ikuti Canon Semarang PhotoMarathon 2022

Minggu, 30 Oktober 2022

Lomba fotografi yang berkonsep tematik untuk kalangan pelajar dan mahasiswa Canon Semarang PhotoMarathon 2022 kembali digelar. Lebih dari 750 pelajar serta mahasiswa dari Semarang dan sekitarnya ikut ambil bagian memeriahkan lomba foto tahunan yang telah berlangsung kali ke-8 ini. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, para peserta berkumpul di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kantor Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Semarang, untuk memperebutkan total hadiah senilai puluhan juta rupiah, Piala Kemenparekraf dan Piala Gubernur Jateng (30/10).

Lomba fotografi untuk pelajar dan mahasiswa ini merupakan kerja sama Canon melalui PT Datascrip dengan Lintas Komunitas Fotografi di Semarang. Acara dibuka oleh Ganjar Pranowo – Gubernur Jawa Tengah, Monica Aryasetiawan – Canon Business Unit Director PT Datascrip, dan Sandiaga Uno – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (melalui video).

“Tujuan dari Canon Semarang PhotoMarathon yaitu menciptakan wadah positif bagi pelajar dan mahasiswa, sekaligus mengasah bakat, kemampuan dan kreativitas fotografi sejak dini. Canon sebagai pemimpin industri pencitraan digital global terus mendukung upaya pengembangan generasi muda Indonesia untuk menjadi sumber daya yang kreatif dan berkualitas,” ujar Monica Aryasetiawan – Canon Business Unit Director PT Datascrip.

Peserta Canon Semarang PhotoMarathon 2022 ini terdiri dari mahasiswa dan pelajar. Mereka ditantang kreativitasnya untuk mendapatkan hasil bidikan foto terbaik dalam waktu yang terbatas. Ada tiga tema yang diumumkan oleh panitia saat acara berlangsung, yang kemudian peserta menyerahkan karya foto terbaiknya untuk langsung dinilai oleh dewan juri.

Dewan juri Canon Semarang PhotoMarathon 2022 terdiri dari Soetomo (EOS Creator Indonesia), D. Agung Krisprimandoyo (Fotografer Profesional), Andi Kusnadi (Pemimpin Umum Majalah MATA), Joko Sumartono (Fotografer Profesional), Vivi Maryati (Fotografer Profesional), Susan Sanger (Fotografer Profesional) dan Dante S. Nugroho (Fotografer Profesional).

Sambil menunggu dewan juri menilai dan menentukan para pemenang, peserta berkesempatan mendapatkan ilmu fotografi dari Fandy Susanto, fotografer profesional sekaligus EOS Creator Indonesia. Fandy membagikan pengalaman yang inspiratif bagaimana menjadi seorang fotografer profesional dengan tema “From Zero to be Successful Photographer”. Selain itu, para peserta juga dihibur dengan berbagai pertunjukan seni musik dan tari, sesi hunting model dan kuis berhadiah menarik. 

Rangkaian acara diakhiri dengan pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah. Juara dari tema satu yaitu untuk kategori pelajar dan mahasiswa berhak membawa pulang hadiah berupa Piala Kemenparekraf dan uang tunai total Rp22.500.000 untuk tiga orang pemenang. Tema dua yaitu khusus untuk kategori mahasiswa memperebutkan hadiah Piala Gubernur, kamera digital Canon EOS M200, printer Canon PIXMA G2010, PIXMA G1010 dan PIXMA TS207 untuk 6 orang pemenang. Dan, tema tiga khusus untuk kategori pelajar memperebutkan hadiah berupa kamera digital Canon EOS 3000D dan printer Canon PIXMA G2010, PIXMA G1010 dan PIXMA TS207 untuk 6 orang pemenang.

Wacom melalui PT Datascrip sebagai authorised distributor-nya di Indonesia menghadirkan pen display terbaru, yaitu Wacom ...
Menginap di rumah sakit tidak seperti di hotel, namun rumah sakit dapat menghadirkan pengalaman kepada pasien layaknya menginap di hotel. Tingkat k...
Keceriaan acara pesta atau kumpul bersama keluarga dan teman lebih berkesan jika bisa mendapatkan foto dokumentasi yang langsung dicetak, tanpa per...