Melihat Peluang Bisnis di Tahun Politik 2024

Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar kata “Pemilu”? Pesta Demokrasi? Tahun Politik? Kampanye? Sebentar lagi Indonesia akan memasuki tahun Pemilu 2024. Bagi sebagian orang, momen ini bisa dimanfaatkan menjadi lahan bisnis yang potensial. Di balik kemeriahan tahun politik yang akan segera kita jumpai di tahun 2024, ternyata banyak peluang bisnis yang bisa dilakukan untuk menambah pundi-pundi penghasilan. Apa saja bisnis potensial yang akan berkembang di tahun Pemilu?

Pertama, adalah bisnis pencetakan poster. Bisnis ini adalah salah satu bisnis yang memiliki potensi besar saat memasuki tahun pemilu. Pasalnya, saat ini media cetak dirasa masih yang paling efektif untuk mempromosikan partai politik dan para calon. Sehingga permintaan akan jasa percetakan akan meningkat.

Untuk memulai bisnis ini, Anda mebutuhkan peralatan cetak yang sesuai, seperti printer digital. Canon imagePROGRAF TM 5355 bisa menjadi solusinya, printer large format printer terbaru dari Canon dengan 5 Tinta Pigment dengan tambahan warna tinta magenta baru yang menawarkan hasil cetak berkualitas tinggi. Kemampuan cetak garis dan warna yang lebih hidup dengan kecepatan cetak yang tinggi, baik untuk kebutuhan single function hingga multifunction dengan beragam kebutuhan pencetakan dalam format besar.

Namun, sebelum mencetak brosur para partai politik dan calonnya membutuhkan konten yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Apalagi, saat ini banyak anak muda akan ikut dalam pemilu, oleh karena itu jika desain poster yang terpampang semakin menarik, mampu menarik perhatian bagi para pemilih muda.  Bagi yang memiliki kemampuan di bidang desain grafis, kemampuan ini bisa menjadi ide bisnis yang dapat dicoba di masa kampanye dan menjelang pemilu.

Untuk itu, para desainer bisa memanfaatkan 2 Pen Display terbaru dari Wacom, yaitu Wacom One 12 dan Wacom One 13.

Kedua pen display ini masing-masing memiliki layar kaca berukuran 11,6″ (Wacom One 12) dan 13,3″ (Wacom One 13), beresolusi Full HD 1920 x 1080 dengan sRGB 99% dan low parallax melalui optical bonding pada layar untuk penggunaan yang lebih luas. Sementara, Wacom One 13 adalah pen display entry level compact pertama yang memiliki ukuran ringkas di kelas nya yang memiliki fitur multi-touch dengan 10 jari. Menambah pengalaman Anda untuk merasakan pengalaman menggunakan pen display dengan interaksi yang sangat intuitif.

Tak hanya dicetak, para calon yang tengah berkampanye juga akan banyak memanfaatkan perkembangan teknologi sekarang, seperti membuat konten di media sosial. Saat ini, salah satu media promosi yang juga ampuh dalam hal promosi, adalah melalui media sosial. Para petinggi partai politik dan calonnya tentu ingin membuat konten yang menarik untuk mempromosikan partai dan para calonnya melalui media sosial ataupun media digital lainnya. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan bagi Anda para fotografer dan videografer untuk meraup “cuan” tambahan.

Namun, sebelum membuat konten visual yang menarik baik foto maupun video, Anda membutuhkan peralatan yang mumpuni, salah stunya adalah kamera untuk menciptakan konten yang berkualitas untuk media kampanye.

Seperti yang ditawarkan Canon EOS R8 kamera mirrorless full-frame dengan desain yang ringkas dan ringan. Kamera ini dibekali dengan fitur dan teknologi baru, seperti Dual Pixel AF II yang cepat dan presisi serta kecepatan continuos shooting hingga 40 frame per second (fps). EOS R8 juga dibekali sensor gambar CMOS full-frame 24,3 megapiksel dan prosesor DIGIC X yang bisa mengambil gambar secara beruntun dengan kecepatan tinggi. Sementara sensor CMOS full-frame pada kamera ini juga mampu menghasilkan footage video 4K UHD tanpa cropping berkualitas tinggai hingga 60p. Khawatir overheat? kamera ini juga sudah dilengkapi peredam panas yang dapat membantu saat merekam gambar hingga 4K 30p tanpa batasan waktu perekaman, dan 30 menit di kualitas 4K 60p.

Selain itu, ada juga sistem Dual Pixel CMOS AF II dengan kecepatan Auto Focus (AF) yang luar biasa dan akurat berkat teknologi EOS iTR AF X, teknologi cerdas yang dapat mendeteksi dan melacak wajah, mata, dan tubuh pada orang maupun hewan (anjing, kucing, dan burung), serta kendaraan (mobil dan sepeda motor). Termasuk mengidentifikasi subjek lain dan “mengunci” subjek menggunakan karakteristik, seperti bentuk, warna, dan kecerahan.