Liputan Foto di Ajang Olahraga Internasional

Liputan foto di ajang olahraga internasional membutuhkan persiapan khusus. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mulai dari peralatan, peraturan dari pihak panitia, hingga mempelajari cabang olahraga, termasuk lokasi.

Dengan kamera EOS R3 dan lensa RF 100-500 f/4.5-7.1L IS USM, Agus Susanto – pewarta foto dari Harian Kompas membagikan tips dan pengalamannya saat liputan Asian Games 2022, 23 September hingga 8 Oktober 2023 di Hangzhou,Tiongkok.

1. Persiapkan Peralatan dan Gali Informasi tentang Cabang Olahraga. Peralatan seperti kamera, lensa, baterai, media penyimpan, monopod hingga tas yang dibutuhkan. Cari tahu juga atlet atau tim yang akan bertanding, dari peringkat hingga kebiasaannya di lapangan. Jangan lupa ikuti isu terakhir tentang atlet/tim itu.

2. Ikutilah Briefing Panitia. Penempatan fotografer dan hal-hal yang diperbolehkan dan tidak di lapangan. Datanglah lebih cepat sebelum pertandingan dimulai, cari posisi terbaik. Kadang datang cepat juga bisa mendapatkan rompi POOL untuk multi event seperti Asian Games, meski yang diprioritaskan adalah kantor berita.

3. Perbanyak Variasi Pengambilan Gambar. Kalau bisa pindah posisi, carilah sudut lain. Kalau tidak bisa pindah posisi, maksimalkan penggunaan lensa dari lebar hingga tele, teknik panning, permainan komposisi dan lainnya, jadi hasil bidikan banyak variasinya. Jangan lupa penonton dan keseruan di luar pertandingan juga diabadikan.

4. Fokus Ekspresi Atlet/Tim. Baik menang atau kalah, ikutilah drama pertandingan, foto terbaik pasti akan kita dapatkan.