Tips & Tricks Berhasil Membuat Konten Vlogging

Bagi generasi Millennial dan Gen Z kegiatan vlogging pastinya sudah tidak asing. Pasalnya trend video blogger atau vlogging ini mulai populer di tahun 2000-an.

Nah, bagi Anda yang ingin atau sedang menggeluti bidang vlogging ini ada baiknya simak tips berikut yuk!

1. Perencanaan Konsep

Pertama yang harus dilakukan adalah perencanaan konsep. Tentukan konsep vlog yang ingin Anda buat. Misal, seperti tentang travelling, beauty, teknologi, lifestyle, gaming, ataupun topik lainnya. Hal ini mempengaruhi sasaran audiens mana yang ingin Anda sasar.

2. Peralatan Pendukung

Berbicara soal video, pastinya tak lepas dari kemera. Anda bisa menggunakan kamera DSLR, mirrorless, camcorder, atau bahkan kamera smartphone. Tapi tau kah Anda kalau Canon mempunyai kamera yang didesain khusus untuk para vlogger? PowerShot V10 namanya, kamera saku berukuran ringkas dengan kualitas gambar hingga 4K dengan layar flip, serta tombol rekam depan belakang yang didesain khusus untuk memudahkan saat digunakan dengan satu tangan. Oh ya, ada juga lubang HDMI micro (tipe D), hingga 3.5 mm stereo mini jack untuk membantu Anda menghasilkan video lebih maksimal.

Meski mungil, PowerShot V10 juga bisa digunakan untuk live-streaming ke Facebook atau YouTube melalui aplikasi Camera Connect dengan mudah, bisa juga untuk kebutuhan face cam ataupun webcam (UVC/UAC) melalui koneksi USB-C plug-and-play. Tersedia juga berbagai pilihan aspek rasio, yang memudahkan pengguna pada proses editing untuk kebutuhan upload ke berbagai platform sosial media, seperti rasio 1:1 untuk Instagram.

3. Proses Shooting dan Editing Video

Dalam melakukan pengambilan gambar, perhatikan teknik pengambilan gambar, pencahayaan serta Teknik sinematografi dasar lainnya. Meski sepele, hal ini mampu mempengaruhi keberhasilan Anda dalam membuat konten yang menarik. Di PowerShot V10 tersedia juga 14 filter warna trendi yang memberikan keleluasaan pengguna untuk berkreasi pada konten vlog yang diinginkan. Fitur ini juga dapat digunakan saat merekam video.

4. Konsisten

Tetap Konsisten untuk upload vlog baru secara teratur agar penonton Anda tetap terlibat dan tertarik. Konsistensi adalah kunci untuk membangun pengikut setia dan menjaga momentum. Jangan lupa juga untuk membuat kalender konten untuk memudahkan jadwal pembuatan konten Anda secara berkala. Perihal upload jangan khawatir, karena PowerShot V10 sudah tersedia beragam konektivitas, seperti koneksi WiFi. Membuat Anda lebih mudah untuk memindahkan file dari kamera langsung ke perangkat smartphone, tablet, dan laptop untuk proses editing.

5. Analisa Performa Konten

Pantau analitik vlog Anda untuk memahami gaya konten seperti apa yang disukai penonton Anda dan area mana yang perlu ditingkatkan. Gunakan data ini untuk menyempurnakan strategi dan terus mengembangkan channel Anda.

6. Have Fun.

Nikmati proses vlogging dan jangan terlalu memaksakan diri. Coba hal baru dengan berbagai gaya dan format, ingat bahwa proses tidak akan mengkhianati hasil. Selama Anda menjalani dengan tulus, kemungkinan besar penonton Anda juga akan menikmati konten yang Anda berikan.