Kolaborasi Unitree Robotics dan Leica BLK ARC; Solusi Pemetaan 3D yang Cepat, Akurat dan Efisien.

Kemajuan teknologi semakin pesat, membuat banyak pekerjaan dapat dilakukan lebih cepat dan minim terjadi kesalahan. Salah satu pekerjaan yang membutuhkan kecepatan sekaligus ketelitian tinggi adalah pengukuran, baik pengukuran bangunan, tanah, hingga suatu wilayah. Untuk itu Leica Geosystems Indonesia menghadirkan solusi dokumentasi 3D terintegrasi yang menggabungkan teknologi robotic Unitree Robotics Aliengo dengan 3D laser scanner Leica BLK ARC. Kedua alat ini merupakan solusi untuk pekerjaan pemetaan 3D yang aman, efisien, akurat dan efisien.

Kolaborasi Aliengo dan Leica BLK ARC mampu digunakan pada medan yang sulit dan berbahaya, sehingga memungkinkan pemindaian 3D di area yang sulit dilakukan dan dijangkau manusia dengan cepat dan akurat. Leica BLK ARC menghadirkan penggambaran 3D data dengan akurasi  +/1 mm dengan jangkauan pemindaian data hingga 100 meter serta kecepatan membaca data 1.000.000 point/detik. Ideal untuk digunakan inspeksi infrastruktur, BIM (Building Information Modeling), dan topografi.

Sementara, robotic Aliengo berperan sebagai ’kendaraan’ menuju area yang ingin dijangkau dengan kendali jarak jauh menggunakan remote control dari jarak hingga 500 meter. Robot Aliengo mampu menahan beban hingga 10 kg dengan waktu operasi selama 4 jam dan kecepatan berlari maksimal hingga 3 meter/second. Dengan adanya teknologi ini juga sekaligus meminimalisir kecelakaan kerja yang terjadi di lapangan dengan medan yang berbahaya, seperti di tebing, sungai, dan area lainnya.