3 Rekomendasi Lensa RF Terbaru dari Canon

Bingung memilih lensa yang tepat untuk berbagai kebutuhan fotografi atau videografi?

Tenang, kali ini Canon menghadirkan 3 Lensa RF terbarunya sesuai dengan kebutuhan para fotografer dan videografer, mulai dari portrait, event oudoor/indoor, wedding, landscape, wildlife, hingga olahraga indoor sekalipun, yaitu RF24-105 f/2.8L IS USM Z, RF200-800mm f/6.3-9 IS USM dan RF-S10-18mm f/4.5-6.3 IS STM. Ketiga lensa ini memiliki keunggulannya masing-masing sesuai dengan kebutuhan.

1. RF24-105 f/2.8L IS USM Z

Yang pertama, ada RF24-105 f/2.8L IS USM Z. Lensa RF terbaru dari Canon ini, memiliki rentang fokus lebar dan kualitas optik yang luar biasa serta aperture maksimum yang besar. Lensa ini memiliki aperture maksimum f/2.8 pada seluruh rentang fokus 24-105mm, dengan kualitas gambar menakjubkan untuk mendukung fotografi resolusi tinggi dan video hingga resolusi 8K. Termasuk saat memotret dalam kondisi minim cahaya atau membuat efek bokeh. Cocok bagi Anda yang sedang menggeluti portrait photography.

Disematkan juga cincin iris pertama pada jajaran lensa RF pada lensa ini, yang biasanya ditemukan di lensa sinema Canon yang membuat kontrol aperture yang senyap dan intuitif dengan torsi halus, ideal untuk menyesuaikan eksposur dan efek bokeh selama perekaman video.

Tak sampai di situ, berkat optimalisasi kontrol optik, mekanis, dan elektrik yang baik termasuk penerapan Dual Nano USM yang bisa digerakkan secara individual, membuat Anda bisa menikmati autofocus yang lebih stabil dan konsisten dalam melakukan zoom saat proses merekam video atau pengambilan gambar burst kecepatan tinggi.

Ditambah dengan hadirnya teknologi built-in image stabilizer (IS) Optik yang mampu mengoreksi guncangan kamera hingga 5,5 stop dan 8 stop jika dikombinasikan dengan bodi kamera yang memiliki In-Body IS. Sehingga mampu menghasilkan gambar yang tajam dan stabil, bahkan pada kecepatan shutter speed yang lambat.

2. RF200-800 f/6.3-9 IS USM

Kedua, ada RF200-800mm f/6.3-9 IS USM, lensa zoom super telephoto mounting RF pertama dari Canon yang memiliki focal length hingga 800mm berukuran portabel. Dirancang khusus untuk menangkap aksi berkecepatan tinggi, lensa ini dilengkapi dengan Nano USM yang memberikan kemampuan pemfokusan yang cepat dan akurat untuk gambar diam, serta pemfokusan yang halus dan senyap untuk video jika digunakan pada kamera yang kompatibel.

Jika digunakan dengan RF Extender 2x, cakupan lensa diperluas hingga 1600mm (2560mm pada kamera APS-C) cocok digunakan untuk genre olahraga, wildlife dan astrofotografi. Meskipun memiliki rentang zoom yang menakjubkan, lensa ini hanya memiliki bobot 2kg sehingga memudahkan mobilitas pengguna yang harus bergerak atau berpindah tempat dengan cepat.

Lensa ini juga memiliki built-in IS hingga 5,5 stop yang efektif meredam guncangan kamera yang lebih sering terjadi saat digunakan pada rentang fokus yang panjang, sehingga dapat menghasilkan gambar yang tajam dan stabil hingga 1/20 detik bahkan jika digunakan pada rentang fokus terpanjang 800mm.

Dengan kemampuannya yang ciamik, lensa ini akan selalu diandalkan dalam berbagai jenis lapangan, tidak terkecuali pada lapangan dengan kondisi ekstrim. Meskipun dilengkapi dengan banyak tombol, bodi pada lensa ini sudah dibekali dengan desain dan konstruksi yang dust and weather resistant. Lensa ini cocok bagi Anda yang gemar memotret di luar ruangan, sport photography dan wildlife photography.

3. RF-S10-18mm f/4.5-6.3 IS STM

Nah, yang ketiga dan sedikit berbeda dengan kedua lensa di atas karena lensa ini dirancang khusus untuk kamera APS-C seri EOS R, seperti EOS R7 dan EOS R10, yaitu RF-S10-18mm f/4.5-6.3 IS STM lensa zoom ultra-wide berukuran ringkas yang dirancang khusus untuk kamera APS-C EOS R. Lensa ini didesain ringkas dan ringan menyesuaikan dengan bodi kamera APS-C EOS R, lebih kecil dibanding dengan lensa EF-S dan EF-M. Walau ringan, lensa ini memiliki rentang fokus setara lensa full-frame dengan rentang fokus 16mm hingga 29mm, memberikan cakupan ultra-wide yang ideal untuk merekam momen saat travelling, hiking, foto pemandangan dan pengambilan gambar di ruang sempit.

Untuk hasil gambar yang lebih tajam dan stabil, lensa ini dilengkapi built-in Optical Image Stabilizer (Optical IS) yang mampu meredam guncangan kamera hingga 4 stop. Bila dipadukan dengan kamera yang memiliki In-Body IS seperti EOS R7, Coordinated Control IS meningkatkan hingga 6 stop.

Meskipun bodinya ringan, lensa ini  mampu menghasilkan kualitas gambar yang melampaui lensa EF-S yang lebih besar dengan mounting RF yang lebih pendek sehingga mengoptimalkan kualitas gambar yang tetap terjaga.

Autofocus pada lensa ini digerakkan oleh STM tipe leadscrew, yang membuat transisi fokus yang lebih mulus selama perekaman video. Ada juga fitur Focus Breathing Correction, yang secara digital mengoreksi perubahan sudut pandang yang mengganggu akibat pergerakan fokus saat merekam video.