Dari Canon untuk Kampoeng Wirausaha

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM di tahun 2023, Indonesia memiliki 65,5 juta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang jumlahnya mencapai 99% dari keseluruhan unit usaha. Oleh karena itu, UMKM merupakan salah satu pilar terpenting dalam memajukan perekonomian sebuah negara. Menurut data tahun 2023 dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (KEMENKO PMK), sektor UMKM memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia sebesar 61%, atau senilai dengan Rp9.580 triliun, bahkan kontribusi UMKM terhadap penyerapan tenaga kerja mencapai sebesar 97% dari total tenaga kerja.

Tentunya, usaha untuk terus memajukan UMKM di Indonesia membutuhkan peran semua pihak. Canon turut mendukung kemajuan para pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar naik kelas dan Go Digital dengan mengadakan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang bertajuk “Dari Canon untuk Kampoeng Wirausaha”. Program ini bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM dalam beradaptasi dengan dunia digital agar semakin mempermudah para pelaku usaha beralih dari sistem konvensional ke teknologi digital dalam hal memasarkan produknya.

Program yang diberikan Canon, berupa materi pelatihan yang meliputi dasar fotografi dan dasar copywriting untuk media sosial,hingga kreatif digital printing yang dimentori oleh fotografer profesional Misbachul Munir untuk area Jawa Tengah. Di setiap pelatihan, para peserta juga diberikan kesempatan untuk langsung praktik yang didampingi oleh mentor.

Tahap pertama berlangsung di 3 (tiga) kabupaten, yaitu Gunung Kidul (24/01), Sleman (25/01), dan Kebumen (30/01) mulai pukul 08.00-17.00 WIB dengan total peserta 150 orang. Dan Tahap berikutnya, akan dilaksanakan di kota atau kabupaten lainnya di area Jawa Barat dan Jawa Tengah.

“Kegiatan pelatihan ini memberikan banyak manfaat bagi para pelaku UMKM karena materi yang diberikan dapat membuka wawasan kami tentang pemasaran digital dan proses kreatif yang bisa dilakukan untuk semakin memajukan usaha kami. Program ini menjadi bekal bagi para pelaku UMKM untuk terjun ke dunia digital dan lebih melek teknologi,” ungkap Denita Aulia Sari – Peserta pelatihan UMKM asal Sleman.