Foto Dokumentasi Tamu Negara di KTT G20

Indonesia sukses menggelar perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, 15-16 November 2022. Rangkaian acara yang digelar memiliki momen penting yang patut diabadikan. Adalah Peksi Cahyo, seorang fotografer profesional yang mendapatkan kepercayaan untuk mengabadikan sejumlah tamu penting pada acara Spouse Program. Acara ini adalah bagian dari rangkaian KTT G20 Indonesia yang disiapkan bagi pendamping kepala negara yang bertujuan menguatkan komunikasi dan sosialisasi antar peserta maupun spouse.

Berikut hal yang disiapkan Peksi Cahyo sebagai tim dokumentasi agar berjalan dengan lancar.

1. Cek Lokasi Pemotretan

Sehari sebelum acara berlangsung dilakukan gladi bersih di lokasi acara. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengetahui hal-hal teknis seperti arah datangnya cahaya, apa yang dilakukan ketika para tamu kehormatan sampai di lokasi acara. Dengan ini fotografer dapat memprediksi dan merencanakan persiapan pemotretan dengan matang.

2. Peralatan Fotografi yang Bisa Diandalkan

Tantangan tugas foto kali ini yaitu bisa mendapatkan foto bagus dari para tamu undangan eksklusif yaitu pendamping kepala negara. Waktunya sangat singkat, yaitu sekitar 8 detik. Dengan protokoler ketat, bahkan tanpa boleh berbicara atau mengarahkan subjek yang difoto. Canon EOS R5 menjadi kamera utama yang paling tepat dengan situasi seperti ini. Dengan kualitas gambar yang tajam, kecepatan AF dan continuous shooting-nya membuat pekerjaan jadi lebih mudah.   

 3. Kondisi Fisik dan Mental di Hari H

Jaga kesehatan dan istirahat yang cukup sehingga saat hari H acara bisa bertugas dengan lancar dan maksimal. Pertimbangan panitia memilih fotografer yang bertugas karena pengalaman dan rekam jejaknya. Semakin tinggi jam terbang fotografer bertugas di acara besar membuat mental semakin kuat. Hal-hal kecil yang tidak sesuai rencana bisa membuat pekerjaan menjadi berantakan karena mental yang lemah.