Tips Hemat Energi bagi Pengelola Gedung dengan Tata Cahaya yang Tepat

Seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dan mengurangi konsumsi listrik, semakin banyak pengelola gedung yang mencari cara untuk menghemat energi yang digunakan dalam operasinya. Salah satu cara yang paling efektif untuk mengurangi penggunaan energi adalah dengan menggunakan tata cahaya yang tepat.

Tata cahaya yang tepat tidak hanya dapat membantu menghemat energi, tetapi juga dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih nyaman dan produktif bagi para penghuni gedung. Berikut adalah beberapa tips hemat energi bagi pengelola gedung dengan tata cahaya yang tepat:

Optimalkan Penggunaan Cahaya Alami

Cahaya alami dari sinar matahari adalah sumber cahaya yang paling efisien dan murah. Oleh karena itu, pengelola gedung sebaiknya memaksimalkan penggunaan cahaya alami di dalam gedung. Pastikan jendela dan ventilasi di gedung cukup besar dan tidak terhalang.

Gunakan Lampu LED

Lampu LED adalah sumber cahaya yang paling efisien dan tahan lama. Meskipun lampu LED memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan lampu pijar atau neon, penggunaan lampu LED dapat membantu penghematan energi hingga 50%-70%. Selain itu, lampu LED juga tidak mengandung merkuri dan lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan jenis lampu lainnya. Namun bila ingin lebih menghemat lagi hingga 30%, bisa menggunakan lampu dengan sistem penjadwalan secara otomatis, serta memanfaatkan fitur Dimmable pada lampu, yang dapat mengatur intensitas cahaya.

Gunakan Sensor Gerak

Sensor gerak adalah perangkat yang dapat mendeteksi keberadaan manusia di dalam ruangan dan mengontrol tata cahaya di dalam gedung. Dengan menggunakan sensor gerak, lampu hanya akan menyala saat ada orang di dalam ruangan.

Sensor gerak ini juga sangat bermanfaat di area-area tertentu seperti area parkir atau tangga darurat yang tidak 24 jam digunakan, namun tidak boleh gelap. Signify sebagai perusahaan pemimpin di industri pencahayaan global memiliki solusi produk yaitu lampu Philips WT198 L1 Ecoset yang dapat mengatur tingkat pencahayaan melalui sensor gerak melalui teknologi gelombang mikro. Jika tidak ada pergerakan, lampu dapat secara otomatis meredup menjadi 20% dari tingkat lumens maksimum. Hal ini dapat membantu menghemat energi secara signifikan karena daya normal yang digunakan hanya pada saat ada pergerakan.

Lakukan Perawatan Secara Berkala dan Pilih Lampu Berkualitas.

Terakhir, pengelola gedung sebaiknya melakukan perawatan secara berkala pada sistem pencahayaan di dalam gedung. Perawatan yang tepat dapat membantu memperpanjang umur lampu dan menjaga efisiensi energi di dalam gedung.

Pemilihan kualitas produk pencahayaan juga akan berpengaruh terhadap tingkat efisiensi. Produk lampu dari Signify bisa menjadi pilihan utama. Merek lampu Philips sudah dikenal masyarakat karena kualitasnya, tahan lama dan terutama umur lampu yang lebih lama dibandingkan produk retail lampu lainnya.

Informasi lebih lanjut terkait produk Signify (Philips lighting) untuk gedung perkantoran, pabrik, penerangan jalan, maupun kebutuhan area lainnya dapat menghubungi Rynaldi Zul Hazmi di 081513764616 atau e-mail [email protected].