3 Soft Skill Utama yang Diperlukan di Dunia Kerja

Bagi para mahasiswa tingkat akhir, tentunya mempunyai rencana untuk segera bekerja ataupun membangun usaha sendiri usai lulus dari Universitas. Namun persaingan di dunia kerja cukup ketat, sehingga masing-masing individu harus terus tetap meningkatkan kemampuannya agar bisa terus produktif.

Dalam dunia kerja saat ini, selain memiliki kemampuan hard skill, seseorang juga dituntut untuk mengambangkan kemampuan soft skill nya untuk menjadi lebih adaptif, berkomunikasi dengan baik, dan mampu mengatasi situasi yang kompleks. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri sejak kuliah agar dapat lebih siap dan kompetitif di dunia kerja.

1. Public Speaking

Dalam dunia kerja, kemampuan public speaking menjadi salah satu yang terpenting. Pasalnya, dengan mengasah kemampuan public speaking mampu meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Terlebih jika Anda yang ingin bekerja di bidang yang mengharuskan untuk bertemu bahkan berbicara di depan orang banyak. Salah satu cara untuk mengasah kemampuan public speaking adalah dengan latihan berbicara seolah kita sedang berbicara di depan orang banyak.

Nah dengan kecanggihan teknologi, hal tersebut menjadi lebih mudah. Kita bisa memanfaatkan kamera digital, contohnya Canon EOS R10, kita merekam diri kita sendiri di depan kamera lalu setelahnya coba lihat hasil rekaman atau minta feedback dari orang lain mengenai apa saja yang perlu dievaluasi. Misalnya, masih terbata-bata atau tidak, sesuai durasi atau tidak, out of topic atau tidak, dan apakah kamu sudah benar-benar menguasai materi atau belum.

2. Menulis

Kemampuan yang satu ini tidak kalah penting dengan kemampuan public speaking. Di jaman digital ini banyak pekerjaan yang membutuhkan keterampilan menulis, seperti copywriting. Copywriting merupakan salah satu skill yang tidak kalah penting di masa depan. Dengan menguasai skill ini, Anda bisa dengan piawai menciptakan caption menarik di sosial media atau kata-kata indah di website.

Namun tentunya Anda membutuhkan alat penunjang seperti laptop untuk melatih keterampilan menulis. Oleh karena itu, Dell Vostro 3430 adalah pilihan yang tepat. Dengan bentuknya yang tipis dan ringan. Anda bisa dengan mudah membawa laptop ini ke mana saja.

3. Komunikasi

Kemampuan komunikasi yang baik, sangat penting di dunia kerja. Komunikasi yang baik juga mendukung keberhasilan dalam kerjasama tim. Apalagi, kalau beberapa anggota dalam tim Anda berasal dari negara yang berbeda. Sehingga Anda harus melakukan online meeting.

Untuk itu, Anda membutuhkan perangkat pendukung seperti webcam Logitech Brio 500, webcam dengan kualitas gambar hingga Full HD 1080p dan teknologi lensa Ultrawide-angle yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, seperti light correction, auto-framing, dan show mode.