Berkunjung ke “Negeri Api” Azerbaijan

Biasanya sebutan Negeri Api hanya kita jumpai di film. Namun apakah Anda tau, bahwa di dunia nyata ada sebuah negara yang disebut sebagai Negeri Api, yaitu sebuah negara yang terletak di bagian Asia Barat Daya, bernama Azerbaijan. Julukan tersebut diberikan oleh masyarakat yang tinggal di sana karena banyak api yang sering muncul di permukaan tanah yang disebabkan oleh cadangan gas di bawah tanah yang melimpah di negara tersebut.

Sama seperti Indonesia, Azerbaijan juga merupakan negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam, hal tersebut karena Azerbaijan pertama kali berdiri sebagai sebuah negara Islam pada tahun 1918, namun pada tahun 1920 bergabung dengan Uni Soviet dengan nama Republik Sosialis Soviet Azerbaijan. Setelah Uni Soviet runtuh tahun 1991, Azerbaijan kembali menjadi negara merdeka.

Negara yang pernah menjadi bagian dari Uni Soviet ini berbatasan dengan Rusia bagian utara, Georgia dan Armenia di barat, serta Iran di bagian selatan. Negara yang memiliki pemerintahan Republik ini memiliki luas 86,600 km persegi dengan populasi orang sekitar 10juta penduduk.

Azerbaijan memang sangat identik dengan negara bernuansa Islami, mulai dari desain bangunan hingga banyak tempat bersejarah peninggalan Islam yang sering dikunjungi oleh para peziarah. Hal tersebut dapat dilihat ketika pertama kali kita menginjakkan kaki di negara tersebut, mulai dari ornamen dan desain bangunan tua khas negara Timur Tengah.

Azerbaijan, memiliki Ibu Kota bernama Baku. Baku sendiri adalah kota terbesar di Azerbaijan dengan jumlah penduduk sekitar 2juta jiwa. Kota Baku sendiri merupakan salah satu kota tertua dan terbesar di negara bagian Timur.

Layaknya Ibu Kota, Baku adalah salah satu kota yang menawarkan banyak destinasi wisata mulai dari tempat hiburan, teater, pantai, hingga bangunan bersejarah. Beberapa bangunan tua sampai modern pun dapat dijumpai ketika Anda berkeliling di kota ini.

Dibalik keindahannya, Azerbaijan pernah mengalami masa kelam. Hal tersebut ditunjukkan dengan Tugu peringatan yang terletak di Ibu Kota Baku. Tugu ini didedikasikan bagi para tentara yang gugur dari Pasukan Islam Kaukasus yang membela penduduk Azerbaijan dari penjajahan Bolshevik dan Armendia pada 1918 silam.

Bagi Anda yang berkunjung ke Azerbaijan jangan lupa untuk mampir ke tempat oleh-oleh. Di sana Anda bisa membeli berbagai oleh-oleh khas negara Timur Tengah, seperti baju, karpet, hingga aksesori.

Foto diambil menggunakan kamera Canon EOS R6 dengan lensa Canon RF 24-105mm f/4L