Canon PhotoMarathon Indonesia 2017 – Jakarta Berlangsung Meriah

Sat, 04 Nov 2017

Ajang kompetisi fotografi terbesar di Indonesia, Canon PhotoMarathon Indonesia 2017 berlangsung meriah. Digelar di Baywalk Mall Pluit Jakarta, ribuan pecinta foto berkumpul dan berkompetisi untuk memperebutkan hadiah senilai ratusan juta rupiah, serta hadiah utama berupa perjalanan ke Jepang sekaligus mengikuti kompetisi foto antar negara. Selain itu, Datascrip juga menyiapkan hadiah perjalanan klinik foto ke Padang bagi sejumlah fotografer yang menjadi juara sebagai wujud kemitraan PT. Datascrip dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dalam memajukan destinasi wisata tanah air.

Acara di Jakarta tahun ini semakin meriah dengan hadirnya artis muda ternama Maudy Ayunda dan Adila Fitri yang menghibur para peserta dengan lagu-lagu hits-nya.

Peserta kompetisi akbar yang telah digelar 9 kali ini beraneka ragam dan berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Pria dan wanita, tua dan muda, semua terlihat begitu antusias mengikuti Canon PhotoMarathon Indonesia 2017. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pelajar diberi kesempatan khusus untuk berkompetisi dengan kawan-kawan sebayanya di Kategori Pelajar. Adanya Kategori Pelajar ini sejalan dengan misi Canon dalam mengembangkan dunia fotografi termasuk memupuk para fotografer muda di Indonesia.

“Tahun 2017 ini menjadi tahun ke-9 ajang Canon PhotoMarathon Indonesia digelar. Suatu kebanggaan karena antusias para pecinta fotografi tanah air dengan acara ini begitu luar  biasa. Tidak sekadar berburu hadiah yang sangat menarik, peserta datang dari berbagai daerah untuk berkumpul, bertemu, dan berbagi pengalaman dengan para fotografer lainnya. Canon melalui Datascrip akan terus mendukung dan mengembangkan dunia fotografi Indonesia dengan berbagai kegiatan, termasuk untuk mendorong generasi muda agar bisa mengembangkan bakat dan kreativitasnya secara positif,” ujar Merry Harun – Canon Division Director pt. Datascrip.

Lomba terbagi dalam tiga sesi. Setelah tata tertib dan peraturan dibacakan, panitia langsung mengumumkan tema 1, yaitu Millenial. Seusai sesi tema 1 selesai, panitia mengumumkan tema 2 Lekukan, dilanjutkan dengan sesi terakhir yang mengusung tema Kejar Target. Dengan waktu yang terbatas, para peserta dituntut kreativitasnya untuk menerjemahkan tema ke dalam hasil bidikan foto terbaiknya.

Yang istimewa lagi dalam penyelenggaraan Canon PhotoMarathon Indonesia 2017, panitia juga membuka kategori khusus Instagram. "Menjawab keinginan dan antusiasme teman-teman pecinta foto di berbagai daerah yang belum bisa mengikuti acara ini karena terpaut oleh jarak yang jauh, tahun ini kami membuka kesempatan bagi para pecinta foto di mana saja untuk bisa mengikuti dan merasakan tantangan Canon PhotoMarathon secara daring/online lewat kategori Instagram," jelas Sintra Wong – Division Manager of Canon Image Communication Product Div., pt. Datascrip.

Foto-foto terbaik dari hasil bidikan para peserta langsung dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari para fotografer dari latar belakang fotografi yang beragam, yakni: Darwin Wu (Fotografer Profesional & Instruktur Fotografi), Ed Wray (Fotografer Profesional & Pewarta Foto), Emil Mandiraatmadja (Creative Team Coordinator, PT Datascrip), Harry Reynaldi (Instruktur Fotografi), Misbachul Munir (Fotografer Profesional dan Instruktur Fotografi), Holy Simon (Creative Team Head, PT Datascrip), Peksi Cahyo (Fotografer Profesional & Pewarta Foto), Risman Marah (Fotografer Profesional dan Instruktur Fotografi), dan Yulianus Ladung (Fotografer Profesional).

Sambil menunggu pengumuman dan melepas lelah usai berburu foto, para peserta disuguhi beragam permainan serta kuis berhadiah menarik. Acara semakin meriah ketika aktris dan rapper muda berbakat sekaligus vlogger Adila Fitri naik panggung menghibur dengan lagu-lagu yang berirama energik. 

Tidak hanya itu, sebelum pengumuman pemenang, Maudy Ayunda hadir memeriahkan suasana. Penampilannya di atas panggung Canon PhotoMarathon Indonesia 2017 membuat para peserta dan pengunjung Baywalk Mall Pluit semakin memadati area panggung. Selain menghibur dengan lagu-lagu terbaiknya, pada kesempatan ini, artis cantik ini juga berbagi pengalamannya menggunakan kamera mirrorless terbaru dari Canon, yaitu EOS M100 yang juga diluncurkan pada ajang akbar ini.

Rangkaian acara berakhir dengan pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah. Juara Umum Canon PhotoMarathon Indonesia 2017 – Jakarta dimenangkan oleh Achmad Lutfi. Ia berhak membawa pulang kamera DSLR Canon EOS 750D dan lensa Canon EF-S 18-55mm, serta mengikuti Trip ke Jepang bersama dengan juara umum dari Yogyakarta mewakili Indonesia untuk kemudian berkompetisi dengan juara utama dari negara-negara penyelenggara Canon PhotoMarathon Asia 2017 lainnya.

Setelah Jakarta, Canon PhotoMarathon Indonesia akan berlanjut ke kota Yogyakarta tanggal 12 November 2017. Bagi para pecinta foto yang ingin mengikuti ajang fotografi bergengsi ini di Yogyakarta bisa langsung mengunjungi www.photomarathon.canon-asia.com.

 

Fotografi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja sampai orang dewasa; pria maupun wanita; fotografer maupun ...
Kompetisi fotografi paling akbar se-Indonesia dan Asia, Canon PhotoMarathon Indonesia sebagai bagian dari Canon PhotoMarathon Asia, kembali digelar...
Canon melalui pt. Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digitalnya di Indonesia telah berhasil menjadi pemimpin pasar di segmen p...
Canon melalui pt. Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digitalnya di Indonesia telah berhasil menjadi pemimpin pasar di segmen p...
Keterbatasan fisik bukanlah halangan bagi seorang Achmad Zulkarnain, seorang fotografer yang berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur untuk berkarya dan...