Canon Dukung Pengembangan Ekonomi Kreatif Melalui Komunitas Fotografer SELPHY

Thu, 26 Apr 2018

Ekonomi kreatif merupakan sektor yang berpotensi membuka banyak peluang usaha dan lapangan kerja, bukan saja yang berskala besar dan menengah, melainkan juga berskala kecil dan perorangan. Salah satu contohnya adalah fotografer keliling yang menyediakan jasa foto-cetak kilat di tempat wisata. 

Sejak tahun 2007, pt. Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia memiliki wadah khusus untuk para fotografer tersebut, yakni komunitas bernama Komunitas Fotografer SELPHY. Komunitas yang merupakan bentuk dukungan Canon untuk para pegiat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ini terdiri dari para fotografer keliling yang menggunakan printer foto Canon SELPHY untuk mencetak foto di tempat-tempat wisata. 

Salah satu lokasi Komunitas Fotografer SELPHY adalah di kawasan wisata Gunung Tangkuban Parahu. Terdapat 17 orang fotografer SELPHY di kawasan tersebut. Selain di Tangkuban Parahu, komunitas ini juga hadir di destinasi wisata favorit lainnya di Kabupaten Bandung, seperti Kawah Putih, Situ Patenggang dan Ciwalini. Selain di Bandung, komunitas ini juga tersebar di Jakarta, Palabuhanratu, Padang, Jambi, Semarang, Bali, Makassar hingga Manado dengan total fotografer mencapai lebih dari 2.000 orang.

"Adanya printer SELPHY dari Canon, sangat membantu kami para fotografer keliling di tempat wisata Tangkuban Parahu untuk mendapatkan penghasilan dengan menjual hasil cetak foto. printer ini sangat mudah digunakan dan hasilnya memuaskan. Wisatawan puas, kami pun ikut senang," ungkap Nurdin – Koordinator Komunitas Fotografer SELPHY Tangkuban Parahu.

Nurdin (kiri) – Koordinator Komunitas Fotografer SELPHY Tangkuban Parahu sedang memperlihatkan proses cetak foto menggunakan printer foto Canon SELPHY di Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Parahu, Kamis, (26/4)

Canon melalui pt. Datascrip pun senantiasa memberikan dukungan untuk menambah keterampilan para fotografer SELPHY dalam menjalankan usahanya. Di antaranya, mengadakan pertemuan rutin. Dalam pertemuan tersebut, selain bersilaturahmi dengan sesama fotografer dan tim Canon-Datascrip, mereka juga mendapatkan beragam informasi bermanfaat, seperti cara mengatasi masalah pada printer dan tips memotret yang baik.

"Selain membuka peluang ekonomi untuk kesejahteraan keluarga, kehadiran para fotografer SELPHY ini juga memperlihatkan betapa giatnya para fotografer keliling ini berpartisipasi mengembangkan industri kreatif. Aktivitas di objek pariwisata pun semakin lengkap karena wisatawan selain bisa menikmati keindahan alam dan pemandangan di Tangkuban Parahu, juga bisa mengabadikan momen liburan dan mendapatkan hasil cetaknya dengan cepat dan mudah melalui jasa yang ditawarkan fotografer SELPHY," ujar Angelie Ivone – Marketing Manager Canon Image Communication Product Div. pt. Datascrip.

Angelie menambahkan Canon akan terus berupaya mengembangkan komunitas fotografer SELPHY di kota-kota lainnya di Indonesia. Hal ini terutama untuk memberikan peluang usaha bagi masyarakat dengan modal yang sangat terjangkau.

Lebih dari 1.600 peserta Canon Semarang PhotoMarathon 2018 mengikuti lomba foto yang khusus ditujukan untuk para pelajar dan mahasiswa di Wism...
Canon melalui pt. Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digital di Indonesia meraih penghargaan Solo Best Brand Index (SBBI) 2018...
Pt. Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia menghadirkan kamera mirrorless generasi terbaru di ...
Mengabadikan momen dalam format video semakin diminati oleh berbagai kalangan. Kemudahan untuk memproduksi serta menayangkannya lewat YouTube membu...
Canon melalui pt. Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digitalnya di Indonesia menjawab pesatnya pertumbuhan ekonomi kreatif, kh...